Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arifin Putra: Nikmat Jadi Tentara

Kompas.com - 25/09/2011, 05:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi seorang tentara memang susah-susah gampang.

Meski awalnya sempat merasa ogah-ogahan menuntaskan filmnya 'Badai di Ujung Negeri', aktor Arifin Putra akhirnya merasakan nikmatnya jadi tentara.

"Aku jadi lebih sehat. Biasanya jam satu baru tidur, sekarang sudah mulai tidur pagian (lebih awal). Terus, bangun-bangun juga bawaannya pengin jogging," kata Arifin, saat ditemui usai pemutaran film 'Badai di Ujung Negeri', di Blitzmegaplex, Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta, Jumat (23/9/2011) malam.

Kebiasaan berdisiplin diri dimulainya ketika sejak awal proses pembuatan film yang mengisahkan pertempuran diri seorang tentara dengan masyarakat untuk menjaga area perbatasan paling ujung negeri ini tersebut.

Bahkan, sebagaimana diceritakannya, ada beberapa tahapan persiapan prasyuting berbau aktivitas fisik militer seperti pada kegiatan workshop dan seminar serta pelatihan di kamp marinir di Cilandak KKO, Jakarta, selama delapan hari.

"Persiapan syuting sendiri memakan waktu dua bulan. Ada workshop acting dimana sebelum melakukan workshop, kita diharuskan lari dulu setiap harinya selama setengah jam. Habis itu, push-up, dan baru boleh ikut workshop dan reading," terangnya.

Begitupula, ketika sosok pria yang sering mencicipi peran protagonis dalam sinetron-sinetron-nya terdahulu ini, mengenyam pelatihan di kamp marinir. "Kita di sana disuruh latihan yang benar. Ada latihan lompat dari perahu. Ada juga latihan menembak selama seminggu, bagaimana memegang senjata, dan melakukan tembakan. Kita dikompress harus belajar," lanjut Arifin.

Pendidikan ala militer tak hanya dienyamnya sampai di situ. Sampai saat syuting pun, pendampingan langsung dari pihak TNI Angkatan Laut masih tetap berlanjut dengan siap sedianya beberapa marinir menemani langsung memberikan arahan. Meski mengaku menikmati rutinitas tersebut, Arifin tetap emoh kepincut untuk menjadi anggota TNI.

"Karena sudah jatuh cinta jadi aktor, he-he-he," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com