Reog Blitar dan Tari Merak Pukau Cheonan - Kompas.com

Reog Blitar dan Tari Merak Pukau Cheonan

Kompas.com - 08/10/2011, 12:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di awal musim gugur tahun ini, mulai 28 September hingga 3 Oktober 2011 lalu, di kota Cheonan, Korea Selatan, berlangsung Festival tari dunia Cheonan World Dance Festival yang diikuti 22 negara, termasuk Indonesia yang menampilkan Reog Blitar dan Tari Merak.

Menurut Sapto Nugroho, jurnalis warga yang mengikuti rombongan tim kesenian Indonesia, Reog Blitar dan Tari Merak memukai warga Cheonan, sebuah wilayah di selatan Seoul yang bisa ditempuh dengan kereta, subway atau bus sekitar 1 jam 20 menit.

"Indonesia mengirimkan 21 penari dengan menampilkan grup Reog Blitar dan berkolaborasi dengan siswa-siswi SMA 70 Jakarta. Rombongan yang dipimpin Ida Riyanti sudah dipersiapkan sebelumnya di  Laboratorium Tari Indonesia pimpinan Wiwiek Widyastuti, yang juga ikut serta sebagai penasehat," tulis Sapto di Kompasiana, Sabtu (8/10/2011) hari ini.

Sapto menambahkan, festival tahunan di Cheonan ini juga dilombakan sehingga masing-masing peserta punya kesempatan mendapatkan penghargaan. Sebelum pentas tari di panggung, semua peserta ikut dalam parade di jalan utama di kota Cheonan, sehingga para pengunjung berkesempatan melihat semua tarian dari dekat dan bahkan sempat berfoto bersama.  

Tentang penari Tari Merak Sapto menjelaskan, saat parade para penari mengaku kedinginan karena pakaian yang mereka kenakan cukup tipis, sementara udara Cheonan sekitar 20 derajat celcius saat parade dilakukan. "Untunglah setelah parade selesai tidak ada penari yang sakit sehingga bisa mengikuti lomba di hari berikutnya," tulis Sapto.

Penampilan Tari Reog dan Tari Merak menurut Sapto cukup memukau penonton dan para juri, sehingga tim Indonesia bisa memasuki tahap kedua atau tahap final. Pada hari terakhir Festival, grup atau rombongan tari dari Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Juara Harapan II atau nomor urutan lima. Wakil dari Indonesia pun berhak mendapatkan piala.

 

 


EditorPepih Nugraha

Close Ads X