Maya Hasan: Dari Ambon Napasku Masih Jazz

Kompas.com - 12/10/2011, 07:51 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Antara Ambon dan Jakarta, Maya Hasan (39) memboyong harpa. Jumat malam pekan lalu, Maya berada di Ambon untuk tampil di Ambon Jazz Plus Festival. Minggu malam ia di Jakarta, bermain bersama Dubrovnik Symphony Orchestra dari Kroasia. Pada acara yang digelar Yayasan Aussi Kusuma Lestari itu, disuguhkan karya Johann Strauss, seperti ”Blue Danube” dan ”Roses from the South Waltz”.

Di pentas jazz, Maya mengenakan rok mini, bersepatu bot, dengan rambut terurai. Dalam konser musik klasik, Maya bergaun panjang dengan rambut disanggul.

”Dari Ambon napasku masih jazz, ha-ha-ha...,” kata Maya yang mempunyai dasar musik klasik itu.

Maya mendapat tawaran sebagai harpist Dubrovnik Symphony Orchestra pada konser di Jakarta setelah pemain harpa dari orkes itu berhalangan. Maya mengirimkan rekam jejaknya sebagai pemain musik dan pada Agustus lalu ia bertemu dengan konduktor orkestra, Noorman Widjaja, yang kelahiran Semarang.

”Dia semula menginginkan saya ikut sekali latihan sebelum pergelaran. Tapi, sejam setelah kami berpisah, dia menelepon dan katanya aku tidak perlu latihan. Dia bilang, ’Saya percaya kamu’,” tutur Maya.

”Aku sebenarnya perlu latihan untuk mengetahui feel konduktor dan orkestranya seperti apa. Yah, tetapi akhirnya sukses,” kata Maya lega. (XAR)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.