Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ananda Sukarlan Gelar Kompetisi Internasional

Kompas.com - 15/10/2011, 05:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Walaupun hajatannya 9-14 Juli 2012, pianis Ananda Sukarlan (43) sudah sibuk mengurus persiapan. Setelah sukses mengadakan kompetisi piano Ananda Sukarlan Award (ASA) dalam skala nasional selama dua kali (2008 dan 2010), tahun depan ASA diselenggarakan dalam skala internasional. ”Kami sudah memublikasikan ke mana-mana,” ujarnya.

Uniknya, kompetisi ini tidak diadakan di Ibu Kota, tetapi di Bandung, Jawa Barat. Ananda memilih ”Kota Kembang” dengan alasan kota itu tidak semacet jalanan Jakarta, selain keindahan alam Parahyangan. ”Di sana ada Gunung Tangkubanparahu atau Kawah Putih di Ciwidey yang indah sekali,” kata pianis yang bermukim di Spanyol ini.

Penyelenggaraan ASA bekerja sama dengan Bandung International Music Academy (BIMA) sehingga kini dinamakan ASA-BIMA International Piano Competition.

Ananda yakin kompetisi ini akan menempatkan eksistensi Indonesia dalam peta musik sastra dunia. ”Di kancah internasional, kemampuan sesungguhnya yang dilihat. Kompetisi piano ini murni dan terbuka, tidak ada KKN seperti kebiasaan kita karena dewan juri langsung melihat kemampuan para peserta,” ujar pemilik akun Twitter @anandasukarlan ini.

Saat ditanya peran pemerintah, Ananda tertawa. ”Sudahlah, kita jalan saja, tidak usah mengandalkan pemerintah,” katanya. Ha-ha-ha. (ush)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com