"Mestakung", Pelajaran dari Bocah Asal Pamekasan - Kompas.com

"Mestakung", Pelajaran dari Bocah Asal Pamekasan

Kompas.com - 19/10/2011, 15:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menyuguhkan film Denias, Senandung di Atas Awan, sutradara John De Rantau kembali menghadirkan karya film terbarunya. Seperti halnya film sebelumnya, film teranyar yang diberi judul Semesta Mendukung (Mestakung), memberi muatan pendidikan bagi penontonnya.

Film yang diproduksi Mizan Production dan Falcon Picture ini, mengangkat tentang kuatnya persahabatan, kecintaan pada ilmu fisika juga sarat akan arti sebuah keluarga.

Mestakung terinspirasi dari gemilangnya putra-putri Indonesia dalam meraih prestasi dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional lewat olimpiade sains.

Adalah Muhammad Arief (Sayef Muhammad Billah) anak dari Pamekasan Madura yang terus berjuang untuk meraih jawara dalam olimpiade fisika. Dia berusaha memenangkan uang dari olimpiade tersebut untuk mencari ibunya, Salmah (Helmalia Putri). Sang ibu pergi ke Singapura karena tak tahan dengan kelakuan suaminya, Muslat (Lukman Sardi), yang doyan berjudi.

Hasrat Arief untuk menggapai mimpinya dilirik Tari (Revalina S Temat), guru fisika yang melihat bakat dan kesungguhannya. Arief juga mendapat dukungan dari Tio Yohannes (Ferry Salim) dan Deborah Sinaga (Febby Febiola) yang memberikan bantuan kepada Arief saat berada di Jakarta.  Tak lupa peran inspiratif seorang tukang ketoprak, yang dimainkan oleh Indro Warkop.

Melihat tema dan pesan yang diusung dalam film Mesatkung, para pemain mengaku tak sabar melihat reaksi penonton setelah menyaksikan film ini nantinya. Mereka yakin akan mendapat sambutan yang baik.

"Film ini bukan hanya tontonan, tapi juga tuntunan. Banyak ilmu fisika praktis yang secara tidak langsung diajarkan kepada penonton," ujar Indro saat ditemui usai pemutaran film perdana Mestakung di Jakarta, Selasa (18/10/2011) malam.

Selain deretan bintang-bintang di atas,  peraih Piala Citra 2010, Laura Basuki, Dinda Hauw, dan Sujiwo Tejo, juga turut memperkuat film ini.

Seperti apa lengkapnya film Mestakung, publik bisa menyaksikannya pada Kamis, 20 Oktober mendatang.  


EditorEko Hendrawan Sofyan

Close Ads X