IIEFF di Wakatobi Usai, Mira Lesmana Beri Masukan

Kompas.com - 01/11/2011, 12:18 WIB
EditorAti Kamil

WAKATOBI, KOMPAS.com -- Indonesia International Environmental Film Festival (IIEFF), yang dilangsungkan di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, telah selesai. Berbagai acara sudah diadakan dalam festival yang diadakan pada 26-30 Oktober 2011 itu, dari workshop, floating cinema, sampai pemutaran film yang mengangkat aspek-aspek ekologi, edukasi, wisata, dan budaya.

Namun, banyak hal yang harus dibenahi jika festival yang baru kali pertama digelar tersebut akan dilanjutkan tahun depan dan seterusnya. Sejumlah masukan datang dari para peserta IIEFF. Salah satunya dari sineas ternama yang turut menjadi pembicara dalam festival itu, Mira Lesmana.

Mira menyarankan agar penyelenggara festival tersebut memberi informasi lengkap yang berkait dengan festival itu yang diperlukan oleh para peserta dan tamu, yang sebagian besar berasal dari Jakarta. "Kalau datang di festival mana pun, begitu datang banyak informasi yang disiapkan seperti peta tempat. Mau (festival) di Jakarta juga, akan ada petanya. Apalagi di Wakatobi. Ini masih agak harus nanya-nanya," papar Mira, yang dua film yang diproduserinya dan disutradarai oleh Riri Riza, Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, diputar dalam festival itu pada 28 Oktober 2011.

Penyelenggara mengakui kekurangan dalam persiapan dan pelaksanaan festival tersebut. "Harus diakui bahwa dalam penyelenggaraan IIEFF yang 1 ini masih sangat banyak kekurangan di sana-sini," antara lain tulis Naya Anindita, Festival Manager IIEFF, dalam pesan singkatnya kepada para peliput.

Kalau dibenahi, IIEFF ke depan akan lebih baik dan mengharumkan nama Indonesia, khususnya untuk bidang perfilman, di dunia internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.