Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laga India ala Shahrukh Khan

Kompas.com - 04/11/2011, 03:28 WIB

 

Bayangkan jika tokoh dalam ”virtual game” itu hadir di dunia nyata. Bayangkan jika itu adalah tokoh jahat yang selama ini dihadapi para gamers. Wow, sebuah fantasi menarik. Fantasi itulah yang diberikan film ”Ra.One”. Ini film Bollywood yang dibintangi Shahrukh Khan, dengan sutradara Anubhav Sinha.

Jika kamu suka nge-game, pasti penasaran ingin mengalahkan musuh dalam virtual game. Itulah yang dirasakan Prateek Subramaniam (Armaan Verma), remaja berdarah India yang tinggal di London, Inggris. Ia mencoba permainan baru yang menampilkan tokoh superjahat bernama Ra.One dan superhero bernama G.One (Shahrukh Khan).

Prateek menggunakan nama sandi Lucifer. Baru sekali mencoba permainan baru itu, ia sudah mencapai level 2. Dia penasaran, ingin lanjut ke level 3. Akan tetapi, karena saat itu masih dalam masa peluncuran, acara menjajal game baru berakhir sampai di sini.

Namun, saat programmer hendak mematikan game, terdengar suara dari tokoh Ra.One. ”Lucifer shall die....” Rupanya kata-kata itu adalah ungkapan dendam tokoh game Ra.One kepada gamer yang telah menghajarnya dalam permainan. Tokoh itu lalu menjelma sebagai mahkluk yang hadir di dunia nyata, bukan di jagat virtual. Ra.One mengamuk, memburu Lucifer alias Prateek.

Muncul pikiran untuk menghadirkan tokoh G.One yang dalam game adalah lawan tangguh Ra.One. Logikanya sederhana: kalau Ra.One bisa hadir di alam nyata, mengapa G.One tidak? Maka diciptakanlah program untuk menghadirkan G.One ke dunia. Ia datang untuk melindungi Prateek dan ibunya dari amukan Ra.One.

Ada Akon

Industri film India bisa membuat film action dengan rasa sci-fi yang seru sejenis Matrix. Aktor Shahrukh Khan, yang terkenal dengan lagu dan tarian Kuch Kuch Hota Hai itu, gape juga menjadi tokoh superhero G.One. Pengaruh rasa dan gaya film action jenis Matrix atau Terminator ini pun terasa kuat dalam Ra.One. Setidaknya tokoh G.One menggunakan kacamata hitam ala Keanu Reeves dan Arnold Schwarzenegger.

Rasa Bollywood pun masih terasa kuat dalam film ini, menari dan menyanyi tetap menjadi ”acara wajib”. Shahrukh Khan menari dan bernyanyi bersama Kareena Kapoor, si bintang cantik itu. Hanya saja, tari dan nyanyiannya enggak ”India banget”. Dance-nya terasa modern. Bahkan, film ini juga melibatkan penyanyi Akon dalam soundtrack-nya.

Film ini juga menggunakan mitologi India, yaitu untuk nama tokoh Ra.One yang diambil dari kata Rahvan. Di Indonesia, tokoh itu menjadi Rahwana, raksasa berkepala 10 dalam epik Ramayana. Dalam film, tokoh Rahwana dalam versi tradisional dimunculkan sebagai permainan anak-anak. Harus diakui, India masih ingat akar budayanya.

(XAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com