Eddie Murphy Mundur dari "Host" Oscar 2012

Kompas.com - 10/11/2011, 12:12 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Aktor komedian Eddie Murphy memutuskan untuk mundur sebagai host Academy Awards ke-84. Pengumuman tersebut disampaikan pada Rabu (9/11/2011) waktu setempat atau sehari setelah produser Brett Ratner mengajukan pengunduran dirinya sebagai produser perhelatan Academy Awards pada 26 Februari 2012 nanti.

Apa yang dilakukan Murphy sebagai bentuk solidaritas terhadap Ratner. Murphy dan Ratner baru-baru ini telah bekerja sama dalam penggarapan film aksi Tower Heist. Kerja sama keduanya makin intens saat diusung untuk menyukseskan perhelatan Oscar mendatang.

Selasa (8/11/2011), Ratner menyatakan undur diri setelah memicu kemarahan publik lantaran dianggap melakukan penghinaan terhadap komunitas gay saat jumpa pers pada pemutaran perdana film terbarunya, Tower Heist. Terkait peristiwa tersebut, Ratner telah menyatakan permohonan maafnya secara terbuka.

Menanggapi pengunduran diri Murphy, Presiden Academy Awards Tom Sherak menyayangkan keputusan tersebut. Namun, ia tetap menghargainya. Saat ini, Sherak belum punya "jagoan" yang akan menggantikan posisi Murphy sebagai host di acara bergengsi itu.

"Saya menghargai bagaimana perasaan Eddie yang kehilangan rekan kreatifnya, Brett Ratner, dan kami semua berharap dia baik-baik saja," ujar Sherak dalam jumpa pers bersama Murphy dan Ratner.

Lalu, apa komentar Murphy terkait pengunduran dirinya itu? "Saya ingin mengatakan bahwa saya sepenuhnya memahami dan mendukung keputusan masing-masing pihak berkaitan dengan perubahan produser untuk upacara Academy Awards tahun ini," ujarnya.

"Tapi, saya yakin bahwa tim produksi dan host yang baru nanti akan melakukan pekerjaan yang sama besar," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.