Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Menjaga Kesehatan Mulut bagi Ibu Hamil

Kompas.com - 17/11/2011, 13:13 WIB

KOMPAS.com - Masa kehamilan adalah waktu di mana calon ibu rentan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan. Tetapi sayangnya, beberapa dari ibu hamil cenderung mengabaikan kesehatan mulut mereka karena menganggap hal itu tidak terlalu berpengaruh untuk kesehatan si calon bayi.

Sejumlah riset telah menunjukkan ada hubungan antara kesehatan mulut ibu hamil dan kesehatan janin. Bahkan, ibu hamil yang punya penyakit periodontal tujuh kali lebih berisiko untuk mempunyai bayi prematur.

 "Gingivitis (radang gusi) selama kehamilan merupakan komplikasi oral yang umum dan mempengaruhi beberapa calon ibu. Pendarahan, bengkak, gusi berwarna merah atau sulit bernapas adalah beberapa gejala dari kehamilan gingivitis. Bahkan sebanyak delapan puluh persen ibu hamil mengeluh komplikasi oral. Dan, jika tidak segera diobati, gejala-gejalanya akan meningkat," ungkap Dr D Gopalakrishnan, periodontis dari Padma Seshadri Bala Bhavan di Chennai, India.

"Penyakit periodontal memiliki dampak negatif pada gigi dan gusi bayi. Kondisi ini harus dihindari dan semua masalah harus ditangani pada waktunya untuk menghindari komplikasi," tambahnya.

Sebagai upaya pencegahan, dianjurkan bagi para ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan gigi rutin sebelum dan setelah melahirkan.

"Untuk memulainya, seorang ibu hamil harus menggosok gigi dengan menggunakan bulu sikat yang lembut, dan membilas mulut dengan obat kumur antibakteri. Tapi, sebelum menggunakan obat kumur , mereka terlebih dahulu harus melakukan pemeriksaan ke dokter gigi," kata dr. Radhika Raman.

Dengan kebersihan mulut yang tepat dan makan makanan kaya serat, mineral dan vitamin, seseorang ibu hamil akan dapat memastikan kesehatan dirinya dan calon bayi selama kehamilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com