Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Hiroaki Kato Bela "Garuda Muda"

Kompas.com - 21/11/2011, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kekalahan 0-1 yang diterima tim nasional U-23 Indonesia dari timnas U-23 Malaysia pada babak penyisihan Grup A cabang sepak bola SEA Games 2011 diprediksi oleh vokalis asal Jepang, Hiroaki Kato, akan dibayar tuntas oleh kesebelasan "Garuda Muda" dengan skor 2-0 pada babak final yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (21/11/2011) malam.

"Saya pikir Indonesia menang. Saya memang jagokan Indonesia. Saya rasa 2-0 untuk Indonesia," kata Hiro, yang fasih berbahasa Indonesia, ketika mengunjungi Kompas.com di Jakarta, Senin.

Hiro yang pernah "merumput" bersama salah satu tim sepak bola yunior di kota kelahirannya, Tokyo, ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama, menilai gelandang Oktovianus Maniani akan menentukan kemenangan dalam laga pemungkas yang memerebutkan medali emas tersebut. "Saya rasa pemain Indonesia yang bernomor 10, ya, ya, Okto, akan membuat gol," kata Hiro lagi.

Menurut Hiro, jika Indonesia bermain tangguh seperti ketika menggulung Vietnam dengan skor 2-0, bukan hal mustahil "Harimau Muda Malaya" akan bernasib sama dengan Vietnam. "Saya nonton Indonesia-Vietnam (lewat layar kaca). Indonesia hebat kalau seperti itu bermainnya. Tetapi mungkin sedikit lelah karena permainan yang kasar sekali dari Vietnam, apalagi pemain yang nomor punggungnya delapan," tutur Hiro.

Hiro memang lumayan mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia. Maklum, pada 2006 Hiro pernah ikut pertukaran mahasiswa Indonesia-Jepang dan berkuliah selama setahun di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. "Saya memang suka sepak bola. Saya dulu pemain sepak bola zaman SMP. Sekarang ini Indonesia banyak kemajuan," pujinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com