Hiroaki Kato: Aku Tak Bisa Merayu

Kompas.com - 23/11/2011, 11:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Fasih berbahasa Indonesia dan berwajah tampan ternyata tak menjamin vokalis asal Jepang Hiroaki Kato pandai merayu perempuan Indonesia.

"Ow... aku enggak tahu merayu, langsung cium aja," canda Hiro di Kompas.com Music Corner, yang mengudara bersama Radio Sonora, 92.0 FM, di Jakarta, Senin lalu (21/11/2011).

Hiro--yang bisa mencipta lirik lagu berbahasa Indonesia atau menerjemahkan lagu "Ruang Rindu" dari band Letto ke bahasa Jepang--juga mengaku sulit menulis puisi untuk meluluhkan hati perempuan. "Aku juga enggak bisa bikin puisi, gara-gara kemarin sering enggak masuk kuliah. Kalau pakai bahasa Indonesia susah, grogi nih," ujar Hiro, yang mulai fasih berbahasa Indonesia setelah setahun mengikuti program pertukaran mahasiswa Jepang-Indonesia dengan berkuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Unversitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 2006.

Terlepas dari kesulitannya merayu perempuan Indonesia, kepada host dari Radio Sonora, Luciana Kairupan atau Lulu, dan co-host dari Kompas.com Irfan Maullana, penyanyi kelahiran Tokyo itu menuturkan penilaiannya tentang sifat perempuan Indonesia. "Sifat perempuan Indonesia sama perempuan Jepang itu mirip. Mereka ramah, enggak gampang marah. Biasanya, perempuan Eropa atau Amerika itu susah untuk pertukaran kebudayaan, tapi perempuan Indonesia itu lebih muda bertukar informasi, mereka lebih dekat," jelas Hiro di hadapan para karyawan Kompas.com yang menyaksikan siaran langsung Kompas.com Music Corner di kantor redaksi Kompas.com tersebut.

Hiro, yang mulai menatap Indonesia sebagai rumah keduanya sekaligus sebagai tempat mengembangkan karier bermusiknya, mengaku pula tertarik untuk menikah dengan perempuan Indonesia dan menetap di negeri ini. "Aku sebenarnya berniat tinggal di sini, serius berkarier di sini. Ini gara-gara kemarin diputusin sama orang Jepang, makanya sebal deh. Aku sudah kapok sama orang Jepang," katanya mengundang tawa mereka yang mendengar celotehnya itu.

Pengakuan Hiro itu ternyata membuat seorang karyawan Kompas.com, perempuan, penasaran. "Ngomong-ngomong sudah punya pacar belum sih?" tanyanya. "Ow baru diputusin kemarin. Aku bangga jomblo, jadi buat pendengar Sonora yang jomblo bangkitlah," jawab Hiro.


EditorAti Kamil

Close Ads X