Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zizi Ajak Warga Hijaukan Kawasan Perumahan

Kompas.com - 19/12/2011, 16:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim penghujan sudah mulai menghampiri ibukota. Ancaman banjir pun kini mulai membayangi sebagian warga Jakarta. Ketakutan akan banjir itu juga turut dirasakan Zivanna Letisha Siregar, Puteri Indonesia 2008.

Tak mau cuma tinggal diam, wanita yang akrab dipanggil Zizi ini memilih melakukan berbagai cara menyelamatkan Jakarta dari bahay banjir. Caranya? Mengajak warga perumahan di kawasan tempatnya tinggal untuk melakukan pencegahan. 

"Daripada kita terus berpikir menghijaukan negara yang begitu luas, lebih baik kita mulai dengan menghijaukan di kawasan perumahan," ucapnya saat ditemui di Permata Bintaro Cluster Calysta, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Senin (19/12/2011).

Menurutnya, mengajak warga terdekatlah yang paling penting. Selain mencegah banjir dampak menanam pohon lebih luas dirasakan, yakni mengurangi pemanasan global.

"Lewat Eco Cluster mari hijaukan perumahan dan kurangi pemanasan global. Daripada terus menyalahkan pemerintah, kenapa kita tidak melakukan sesuatu yang lain," paparnya.

Terkait program yang dijalaninya, Zizi mengungkapkan sejak 2011 jumlah pohon yang ditanam sudah mencapai 1 miliar. Tak hanya di Jakarta, tapi juga Cirebon, Sentul dan sekitarnya. Zizi juga sering berulang kembali menghimbau bahwa penanaman pohon bisa dilakukan di lahan kosong pekarangan rumah bahkan menggunakan pot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com