Happy Salma: Napak Tilas Inggit Ganarsih

Kompas.com - 22/12/2011, 07:05 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis Happy Salma (31) bersemangat sekali menggelar acara napak tilas Inggit Garnasih sejak Minggu (18/12) hingga Kamis (22/12) di Bandung, Jawa Barat. Ia bukan saja mendadak fasih bercerita tentang Hari Ibu dan ”perempuan besar” di balik pergerakan nasional Soekarno itu, melainkan juga tentang rumah Inggit di Jalan Ciateul (kini bernama Jalan Inggit Garnasih).

Happy menyatakan keriangannya. Diskusi tentang perjuangan Inggit di Kampus ITB, Itenas, Unpas, dan Unisba mendapat animo besar warga Bandung, terutama dari kalangan mahasiswa dan seniman di sana.

Sehari sebelumnya, ia dan rombongan napak tilas ke Penjara Banceuy dan Penjara Sukamiskin, Bandung. Di kedua tempat itu Soekarno pernah dipenjara. Saat itu, Inggit diam-diam menyelundupkan buku-buku dan informasi untuk pergerakan kepada Soekarno. Bukan itu saja, Inggit juga ikut membanting tulang membiayai hidup Soekarno muda.

Menurut rencana, Kamis (22/12) ini, Happy, perempuan kelahiran Sukabumi, Jabar, tampil dalam monolog tentang Inggit yang akan berlangsung selama dua jam di Gedung Dewi Sri, STSI Bandung.

”Selain menyangkut orang besar dan waktunya lebih lama, Inggit adalah tokoh nyata, bukan tokoh fiksi seperti halnya tokoh dalam monolog Nyi Ontosoroh atau Srintil,” tutur Happy. (WIN)

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.