Pak Raden: Saya Orang Bebas

Kompas.com - 09/01/2012, 11:21 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Kehadiran drs Suyadi (79), yang lebih dikenal dengan sapaan Pak Raden, menceriakan suasana acara #Dialog3Akun di Bentara Budaya Jakarta (BBJ), akhir Desember 2011. Pak Raden, tokoh dalam film boneka Si Unyil, yang ditayangkan TVRI pada era 1980-an itu, membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal.

Ia menggoreskan spidol di papan putih sambil bercerita. Kali ini, Pak Raden bercerita tentang beruang yang sangat kuat, tetapi bodoh. Ia lalu mengingatkan anak-anak tentang pentingnya belajar agar pintar. Semua yang hadir di BBJ terhibur mendengar dongeng jenaka dari Pak Raden. Padahal, penonton yang masih kanak-kanak bisa dihitung dengan jari. "Hidup saya semuanya hanya untuk anak-anak," kata Pak Raden, yang tampil mengenakan belangkon lengkap dengan kumis tebalnya.

Meski harus menggunakan tongkat untuk penopang dan sesekali duduk di kursi roda, Pak Raden tak kehilangan semangat menghibur anak-anak. Selain masih tampil dalam acara Laptop Si Unyil di Trans7, Pak Raden juga sedang mempersiapkan pameran tunggal lukisannya.

Pertengahan tahun ini, 30 lukisan karyanya akan dipamerkan di Galeri Rumah Jawa. Galeri Nasional juga sudah memintanya menggelar pameran tunggal untuk Hari Anak Nasional dengan tema anak Indonesia. "Saya orang bebas. Hidup saya diisi dengan melukis, mendongeng, dan menulis," ujarnya. (WKM)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.