Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lala Karmela Belajar dari Kord "Ceker Ayam"

Kompas.com - 11/01/2012, 21:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Lala Karmela (26) tak hanya terdengar merdu bernyanyi, tetapi juga mencipta sendiri sebagian lagu yang dinyanyikannya. Asal tahu saja, untuk mencipta sebuah lagu, ia memulainya dari petikan gitar dengan kord yang dinamakannya "ceker ayam".

"Aku awalnya belajar gitar itu ngulik sendiri, walaupun kordnya aku sebut ceker ayam. Pas dicoba, 'Eh enak juga ya kalau seperti ini', ya sudah akhirnya ditulis jadi lagu," cerita Lala dalam program kerja sama Indonesiana Sonora FM 92.0-Kompas.com Music Corner, yang disiarkan langsung dari kantor redaksi Kompas.com, Jakarta, Rabu (11/1/2012) siang hingga sore.

Seperti untuk album debutnya, Stars, yang dirilisnya dengan perusahaan rekaman Warner Music Philippines pada 2007, pemilik nama lahir Karmela Mudayatri Herradura Kartodirdjo ini mengaku mencipta sendiri lagu-lagu. "Sebenarnya aku kenal musik dari kecil, aku suka main gitar, dan dari situ lah aku mulai menulis lagu. Lagu-lagu itu kemudian aku simpan sampai aku mendapatkan kesempatan membuat album di Filipina tahun 2007. Jadi, lagu-lagu itu masuk di album," kata pemilik lagu-lagu "Stars", "It's You", "Waiting", dan "What About You" ini.

Dengan mencipta lagu menggunakan gitarnya, Lala merasa kian lengket dengan alat musik akustik kesayangannya itu. "Mayoritas aku ciptain lagu dari hasil kutak-katik main gitar. Gitar sudah jadi bagian dari image aku. Aku lebih nyaman dengan gitar, aku jadi berasa ada yang nemenin, kayak ada yang lagi dekat sama aku," jelas pelantun ulang lagu-lagu lama "Hasrat Cinta" (yang pernah dipopulerkan oleh Yana Julio) dan "Satu Jam Saja" (Asti Asmodiwati dan Audy)

Kalau sedang tak memegang gitar, gadis kelahiran 2 April 1985 yang berdarah Jawa-Filipina ini merasa bisa leluasa berinteraksi dengan para penyuka musiknya ketika beraksi di panggung. "Kalau aku lagi enggak megang gitar, aku bisa lebih dekat sama penonton, bisa berinteraksi dengan mereka," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com