Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uggie Anjing "The Artist" Jelang Masa Pensiun

Kompas.com - 17/01/2012, 15:37 WIB

BEVERLY HILLS, KOMPAS.com — Boleh saja, berkat aktingnya dalam film bisu layar lebar The Artist, Jean Dujardin meraih penghargaan Best Performance by an Actor in a Motion Picture-Comedy or Musical versi Golden Globe Awards 2012. Boleh saja musik ilustrasi karya Ludovic Bource untuk film tersebut menang pada kategori Best Original Score dalam ajang yang sama, yang pergelarannya telah diadakan di Beverly Hills, California, AS, Minggu (15/1/2012) malam waktu setempat. Namun tentu saja, penampilan Uggie The Dog, sang anjing, juga memiliki andil sehingga The Artist menjadi Best Motion Picture-Musical or Comedy versi Golden Globe Awards 2012.

Anjing jantan jenis Jack Russell Terrier ini telah memperoleh paling banyak pujian, sesudah era Lassie dan Rin Tin Tin. Meski perlu usaha berupa kampanye untuk membuatnya menjadi nomine kategori utama dalam pergelaran Golden Globe Awards 2012, Uggie ikut hadir bersama para pemain lain The Artist.  

Uggie tampil di karpet merah bareng Dujardin dan rekan-rekannya yang lain. Ia turut naik ke pentas pada penyerahan penghargaan The Artist sebagai Best Picture--Musical or Comedy. Ia pun memainkan trofi tersebut. Bisa jadi ia tahu bahwa trofi itu juga untuknya.

Siapa Uggie The Dog? Uggie lahir pada 2002. Uggie hingga kini dipelihara oleh seorang pelatih hewan, Omar Von Muller, karena setidaknya dua pemiliknya terdahulu menganggapnya kelewat liar dan bermaksud mengirimnya ke sebuah tempat penampungan anjing. Sebelum tampil dalam film, Uggie ambil bagian dalam pertunjukan anjing keliling dan main dalam iklan.

Pada Desember 2011, melalui Facebook,  ST VanAirsdale, seorang editor Movieline, meluncurkan kampanye "Consider Uggie" sebagai usaha agar Uggie bisa menjadi nomine Academy Awards. Sementara itu, penyelenggara British Academy of Film and Television Arts Awards (BAFTA Awards) telah mengumumkan bahwa Uggie tak memenuhi syarat untuk memeroleh penghargaan tersebut. Namun, ia disebut secara khusus pada Prix Lumiere Awards, Perancis, dan meraih Palm Dog Award pada Cannes Film Festival 2011.

Sebelum The Artist, sejumlah film sudah menghadirkan Uggie. Sebut saja, What's Up Scarlett, Wassup Rockers (2005) dan Mr. Fix It (2006). Namun, ia mulai terkenal berkat permainannya sebagai Queenie dalam film komedi romantik Water for Elephants (2006), yang dibintangi oleh Robert Pattinson dan Reese Witherspoon.

Ambil bagian dalam The Artist, Uggie dibantu oleh dua anjing pemeran penggantinya, yaitu Dash dan Dude. Supaya Uggie menurut kepada Dujardin dalam shooting The Artist, para pelatih Uggie selama tiga hari mengajari Durjadin aba-aba tangan untuk memerintah Uggie. Karena The Artist merupakan film bisu dan suara serta bunyi tak direkam dalam shooting-nya, pelatih Uggie bisa memerintah sang anjing selagi pengambilan gambar.

Von Muller mengatakan, Uggie, yang jago bermain skateboard, kini sudah mendekati masa pensiun. Oleh karena itu, Von Muller tidak akan mengikutkan Uggie dalam pekerjaan berjam-jam dan padat lagi seperti ketika menjalani shooting The Artist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com