Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HelloFest Tahun ini Bakal Lebih Besar dan Meriah

Kompas.com - 27/01/2012, 22:05 WIB

KOMPAS.com - HelloMotion akan kembali menggelar festival pop culture untuk kedelapan kali. Acara yang diberi nama HelloFest 8 Anima Expo itu akan digelar di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu, 4 Februari 2012.

Event tahunan ini tidak mengenakan biaya masuk alias gratis. Luas area yang digunakan tahun ini lebih luas dibanding tahun sebelumnya yaitu Nusa Indah Theatre dan Kartika Expo. HelloFest 8 Anima Expo dibuka dari jam 10.00 - 22.00 WIB. Banyak yang bisa dilihat di acara tersebut. Ada Festival Film Pendek (HelloFest Movies), Kompetisi Cosplay (KostuMasa), dan Eksibisi produk-produk Pop Culture (PasarHelloFest).

Mendekati hari H, panitia sudah mempublikasikan berbagai informasi penting mengenai konten-konten acara. Salah satunya adalah dengan pengumuman finalis dan semi finalis kompetisi film pendek. Dari 304 karya film yang terdaftar sudah terpilih 133 semi finalis dari jumlah ini lahir 23 finalis. Ke-23 finalis ini akan memperebutkan 4 kategori lomba yaitu Best movie, Best Favorite Movie, Best Animation, Best Non Animation. Lima karya terbaik dari kategori animasi juga akan diikutsertakan di ASIAGRAPH – Tokyo di mana penggagas Hellofest, Wahyu Aditya, merupakan salah satu anggota Committee ASIAGRAPH.

Peserta KostuMasa yang berjumlah 1.105 diklaim sebagai rekor costume player (Cosplay) terbanyak di Indonesia. Belum lagi para KostuMasa yang tidak sempat mendaftar namun tetap akan hadir dengan berbagai kostum yang unik dan menarik akan menambah rekor cosplay tersebut. KostuMasa ini tidak hanya diikuti oleh kaum muda saja loh, mereka yang sudah cukup berumur pun ikut dalam festival pop culture ini.

Eksibisi di Pasar HelloFest akan menampilkan 10.000 produk kreatif di antaranya anime, action figure, aksesoris handmade, street fashion, dan berbagai macam movie merchandise. Berbagai pelaku industri kreatif dan gathering komunitas-komunitas yang lucu dan unik juga akan meramaikan.

Twilight Nusantara, sebagai fan base terbesar dari film Twilight di Indonesia merupakan salah satu komunitas yang akan melakukan gathering di HelloFest 8 nanti. Komunitas lainnya adalah Gundam Indonesia, Order 66 – fan base pecinta Star Wars, Komunitas Dragon Ball Indonesia, juga Komunitas Transformers Indonesia.

HelloFest 8 Anima Expo masih memiliki beberapa acara tambahan di antaranya ada sharing session dengan pakar pop culture kenamaan dari Inggris, Fred Deakin, pendiri Airside studio London yang juga menjadi juri untuk kompetisi film pendek HelloFest Movies.

Juga ada lomba desain Kaos Mandiri, hasil kerja sama HelloFest dengan Bank Mandiri, yang bertemakan "Eksotika Indonesia". Lomba tersebut telah mencatat 494 desain karya yang masuk. Dari jumlah itu sudah terpilih 25 karya terbaik yang akan melahirkan 6 pemenang dan akan diumumkan pada hari HelloFest 8 Anima Expo digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com