Dua Kejadian yang Membuat Once Pensiun Bernyanyi

Kompas.com - 01/02/2012, 20:15 WIB
EditorPepih Nugraha

JAKARTA, KOMPAS.com- Tak banyak yang tahu bahwa vokalis Elfonda Mekel, yang akrab disapa Once, pernah pensiun dari dunia bernyanyi yang menjadi jalan hidupnya. Sedikitnya, ada dua kejadian yang memaksa Once tak lagi mengeluarkan suara merdunya.

"Ada dua kejadian. Pas saya umur empat tahun, saya bikin ibu saya panik karena suara saya hilang karena batuk parah. Pokoknya, hilang seminggu, terus muncul lagi dengan suara yang berbeda," kisah Once dalam Kompas.com Music Corner yang disiarkan langsung oleh Radio Sonora 92.0 FM.

Setelah kejadian itu, Once lagi-lagi mengalami gangguan pita suara ketika sudah menjajaki karier bernyanyi profesional. "Waktu kuliah saya suka baca buku tua yang banyak kutu busuk sama debu gitu, mungkin terhirup sama saya. Dari situ saya enggak bisa nyanyi lima tahun, terus balik lagi dengan suara yang berbeda. Kalau serak memang dari dulu, cuma agak bindeng sedikit jadinya. Walaupun rusak, tapi tetap oke kata orang," kenang Once lalu tertawa.

Gangguan pita suara yang terakhir itu membuat Once pensiun bernyanyi selama lima tahun. "Saya malah sudah pensiun dari nyanyi, waktu itu saya sudah ada band, ya profesional ya. Akhirnya saya selesaikan kuliah, terus buru-buru kerja. Dari situ saya berobat terus ke THT, m umpung bisa reimburse ongkos pengobatannya. Paling kata orang kantor bilang, 'Ini anak sakit-sakitan melulu'," kata Once.

Beruntung, pita suara Once bisa pulih kembali. "Waktu itu zaman pas krismon (krisis moneter) banyak teman-teman yang di PHK. Saya kebetulan dapat tawaran Dhani (pentolan Dewa 19, Achmad Dhani) nyari vokalis. Ya, saya ikuti saja petualangan ini sampai di mana, kayaknya seru juga, kebetulan suara juga sudah ada lagi," cerita Once.

Meski sempat pensiun seperti yang dikisahkannya, Once sadar bahwa jalan hidupnya digariskan di musik. "Saya dari dulu dilahirkan nyanyi rock, tapi saya bisa nyanyi pop. Tapi, saya juga penyanyi rock yang bagus menurut saya," tuntas Once.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X