Desain Kostumasa Pandawa Lima Tak Kalah Keren Lho!

Kompas.com - 04/02/2012, 21:48 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa bilang tokoh wayang tak menarik untuk dijadikan KostuMasa atau cosplay? Di tangan kreatif komunitas KostuMasa asal Jakarta, Chronos mampu menyulap tokoh pewayangan Pandawa Lima menjadi super hero lokal yang mampu mencuri perhatian di HelloFest 8 Anima Expo yang digelar di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (4/2/2012).

"Kami mengambil tema Pandawa Lima, tokohnya ada Gendari, Krisna, Yudhistira, Nakula, Sadewa, sama Patih Sengkuni. Kami pengin membuktikan kalau tokoh-tokoh lokal enggak kalah lah sama karakter KostuMasa yang lain," kata pegiat KostuMasa dari komunitas Chronos, Virli, dalam wawancara di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Sabtu.

Virli memakai kostum Nakula sementara rekan-rekannya Winda (Arjuna), Wangga (Bima), Diki (Yudhistira), Putri (Dewi Gendari), Rilvan (Patih Sengkuni), dan Yunita (Sadewa). Mereka merancang dan mengerjakan KostuMasa sendiri untuk beraksi di HelloFest.

"Ini kami persiapannya dari Desember, kami merancangnya sendiri," kata Virli. "Bahan utamanya pakai busa hati, cotton but, cat, lem," timpal Putri.

Virli yang menularkan hobinya itu ke teman sekomunitasnya mengaku mengambil inspirasi KostuMasa Pandawa Lima langsung dari wayang. "Desain jubahnya memang hasil imajinasi sendiri, tapi kami mengambil contohnya dari karakter wayang aslinya. Kemudian kami modifikasi jadi seperti ini," jelasnya.

Rencananya, pada festival berikutnya Virli cs akan bereksperimen dengan tokoh legenda dari Batak, Sumatera Utara. "Maunya tokoh legenda dari Batak. Kalau pahlawan daerah kami enggak berani, takut dianggap kurang sopan," kata Virli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.