Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Mesra Seperti Memes dan Addie MS?

Kompas.com - 17/02/2012, 14:01 WIB

KOMPAS.com - Meidyana Maimunah alias Memes dan Addie Muljadi Sumaatmadja termasuk pasangan artis yang masih selalu terlihat mesra dalam pernikahannya yang sudah berlangsung selama 25 tahun. Diakui Memes dan Addie, salah satu rahasia keharmonisan perkawinan mereka adalah melakukan hal-hal kecil yang romantis. "Addie sebenarnya bukan tipe orang romantis, tapi dia suka memberi berbagai kejutan kecil yang membuat saya bahagia," ungkap Memes, dalam acara Molto Mencari Ayah Romantis, di City Plaza, Jakarta Selatan, Selasa (14/2/2012) lalu.

Bagi Memes dan Addie, kemesraan dan keromantisan memang sangat dibutuhkan untuk memperkuat rasa cinta kepada pasangan. Dalam mengungkapkan kemesraan dan keromantisan pun, mereka tak harus menunggu momen istimewa seperti Valentine, ulang tahun pernikahan, atau ulang tahun pasangan. "Setiap hari adalah hari kasih sayang, jadi selalu berusaha untuk membahagiakan pasangan setiap hari. Namun, momen-momen seperti itu juga dibutuhkan untuk membuatnya menjadi lebih spesial," tambahnya.

Akan tetapi, tak jarang jarang pula Memes dan Addie menciptakan momen sendiri untuk menunjukkan kemesraan mereka. "Menunjukkan rasa sayang sebenarnya tidak harus diatur sampai tiba momen tertentu saja; terlalu lama untuk menunggu momen itu. Jadi tak ada salahnya ciptakan momen sendiri yang istimewa sesuai suasana hati," tukas Addie.

Meski tak ada momen khusus yang akan dirayakan, Addie sering memberikan kejutan kecil untuk sang istri, seperti makan malam berdua, atau mengirim pesan-pesan romantis kepada Memes. "Tak perlu hadiah besar untuk menunjukkan keromantisan, bisa dengan kata-kata pujian seperti 'Aku cinta kamu', atau mengatakan 'Kamu cantik' dengan tulus juga akan terdengar romantis," tambah ibu dua putra ini. Sebagai musisi, diakui Memes, Addie kerap mengungkapkan cintanya melalui aransemen lagu, dan memberikan album kompilasi lagu cinta ketika mereka masih pacaran.

Rahasia keharmonisan
Selain sering menciptakan momen romantis sendiri, Addie dan Memes juga punya rahasia lain untuk menjaga keharmonisannya. "Mengelola pernikahan itu sama seperti mengelola perusahaan, butuh manajemen yang baik," tukas Addie. Ada beberapa hal yang dipahami mereka sebagai cara untuk menjaga keutuhan rumah tangganya, antara lain:

1. Kemauan. Dalam membina hubungan, diperlukan adanya keinginan untuk menjaganya, dan mengarahkan pasangan untuk selalu berusaha mempertahankannya. "Kemauan memiliki porsi paling besar dalam menentukan setiap halnya," bebernya. Menurut hasil penelitian, sekitar 80 persen tindakan kita ditentukan oleh kemauan yang kuat.

2. Komunikasi.  Komunikasi yang lancar memang memiliki andil yang besar untuk menjaga keharmonisan. Ketika menikah, selain menjadi pasangan, Addie dan Memes juga selalu membiasakan diri sebagai sahabat tempat mereka bisa saling curhat dan bercerita tentang berbagai hal. "Kami juga selalu terus terang tentang perasaan dan apa keinginan kami saat itu. Dengan berani mengungkapkan perasaan kita pasangan, komunikasi lebih lancar dan masalah bisa diminimalisasi," tukas Memes.

3. Pahami karakter. Tak mudah menyatukan karakter dan keinginan masing-masing pasangan karena semua orang memiliki sifat yang berbeda. Sebaiknya, tidak perlu terus berusaha untuk menyamakan perbedaan tersebut. Yang paling penting bagi mereka adalah mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing, agar bisa mencari solusi ketika menghadapi masalah.

4. Bersikap fleksibel. Setiap orang memiliki tingkat emosional yang berbeda, terutama perempuan, yang memiliki periode siklus bulanan yang membuat emosinya tak stabil. Dibutuhkan kepekaan dari pasangan untuk mengetahui kebutuhan pasangan. Selain itu, jangan menuntut pasangan untuk melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukannya, atau mengubah sifatnya menjadi seperti yang kita inginkan. Setiap manusia pasti berubah, baik dari sifat dan perbuatannya. Bersikap fleksibel terhadap perubahan tersebut akan membantu mengubahnya menjadi lebih baik dari sebelumnya, dan bukan mengubahnya menjadi apa yang diinginkan salah satu pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com