Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Hugo" Sudah Raih Dua Piala

Kompas.com - 27/02/2012, 09:27 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Penghargaan pertama, untuk Sinematografi Terbaik, dalam Academy Awards 2012, di Hollywood & Highland Center, Hollywood, California, AS, Minggu (26/2/2012) malam waktu setempat, jatuh ke tangan Robert Richardson untuk film Hugo. Ia mengalahkan para pesaingnya, Guillaume Schiffman (The Artist),  Jeff Cronenweth (The Girl with the Dragon Tattoo), Emmanuel Lubezki (The Tree of Life), dan Janusz Kaminski (War Horse).

Sementara itu, penghargaan kedua bagi film yang disutradarai oleh sutradara asal Italia, Martin Scorsese, tersebut adalah Penata Seni Terbaik. Dante Ferretti dan Francesca Lo Schiavo maju menerima piala dan mengucapkan terima kasih kepada Scorsese dan mempersembahkan piala mereka bagi Italia.

Keduanya berhasil meyingkirkan Laurence Bennett dan Robert Gould (The Artist); Stuart Craig dan Stephenie McMillan (Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2); Anne Seibel dan Helene Dubreuil (Midnight in Paris), serta Rick Carter dan Lee Sandales (War Horse).

Dua penghargaan lainnya diraih lewat kategori  Penata Suara Terbaik  untuk Tom Fleischman, John Midgley dan Penyunting Suara Terbaik  (Philip Stockton, Eugene Gearty)

Film lain, The Artist, meraih penghargaan pertamanya, untuk kategori Kostum Terbaik bagi Mark Bridges, mendepak Lisy Chrisl (Anonymous), Sandy Powell (Hugo), Michael O'Connor (Jane Eyre), dan Arianne Phillips (W.E.). Sementara itu, The Iron Lady memenangkan penghargaan Tata Rias Terbaik untuk Mark Coulier dan J Roy Helland, unggul dari para nomine lain, yaitu Nick Dudman, Amanda Knight, dan Lisa Tomblin (Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2) serta Martial Corneville, Lynn Johnson, dan Matthew W Mungle (Albert Nobbs).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com