Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Artist Film Terbaik 2012

Kompas.com - 27/02/2012, 11:56 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Seperti yang sudah diprediksi kalangan perfilman dan para kritikus, The Artist, akhirnya dinyatakan sebagai Film Terbaik pada ajang Academy Awards 2012, di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (26/2/2012).

Film ini dinyatakan sebagai yang terbaik setelah menyisihkan film unggulan lainnya, yakni  The Descendants, Extremely Loud and Incredibly Close,
The Help, Hugo, Midnight in Paris, Moneyball, The Tree of Life
dan  War Horse.

Thomas Langman, sang produser, mengaku bersyukur bahwa usahanya telah berbuah hasil. 

Di ajang Academy Awards 2012, The Artist berhasil membawa pulang lima penghargaan. Prestasi ini, sama seperti yang diraih film Hugo garapan sutradara Martin Scorsese, yang mendominasi penghargaan untuk kategori teknis.

The Artist menjadi film bisu pertama yang memenangi Oscar sejak Perang Dunia I. Pada awal penyelenggaraan Academy Awards, film bisu yang berhasil memenangi Oscar adalah film  "Wings" yang dinobatkan sebagai Film Terbaik di tahun 1929.

"Saya sutradara paling bahagia di dunia," ujar Michel Havanavicius, sang sutradara. "Saya ingin menghaturkan terima kasih kepada penyokong dana, orang gila yang menaruh uangnya untuk  film ini."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com