Cynthia Lamusu: Tantangan Berbahasa Mandarin

Kompas.com - 06/03/2012, 17:09 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bernyanyi lagu Mandarin merupakan hal biasa bagi vokalis Cynthia Lamusu ketika manggung bersama rekan-rekan trio vakalnya, B3. Namun, berbicara dalam bahasa Mandarin di pentas Kabaret Oriental Anak Emas Juragan Batik, yang akan diselenggarakan pada 20-24 Maret 2012 di Jakarta, akan menjadi pengalaman pertama bagi istri artis peran Surya Saputra itu.

"Saya ikut di produksi ke-12 EKI Dance Company, judulnya Kabaret Oriental Anak Emas Juragan Batik. Kalau di B3, suka ada request lagu bahasa Mandarin, sebagai entertainer kami harus siap. Tapi, karena ini kabaret oriental, harus lebih detil lagi. Kemarin saya dikasih guru (untuk mengajarnya berbicara dalam bahasa Mandarin)," terang Cynthia dalam jumpa pers Kabaret Oriental Anak Emas Juragan Batik, di Jakarta, Selasa (6/3/2012).

Cynthia, yang memerankan karakter Ibu Lusi, harus berbahasa Mandarin yang kental. "Kemarin sudah di-training. Ada satu lagu full dengan bahasa Mandarin. Jadi, harus detil sekali. Kedengarannya (pengucapannya) sama, tapi artinya suka beda," jelasnya.

Selain itu, Cynthia juga harus menghidupkan bahasa tubuh Ibu Lusi. "Pendalaman saya, sebagai ibu berusia 60 tahun, peranakan Jawa-China, bertolak belakang dengan saya. Ini karakter ibu-ibu sekali, sedangkan saya ini orangnya cewawakan (senang tertawa). Jadi, tantangan saya, dialek sama gestur," tuturnya. "Memang masih jauh (dari umur 60 tahun), tapi ada gambaran, 'Kalau gue 30 tahun lagi akan seperti itu'. Kemarin, make up artist-nya jago sekali. Mereka bisa bikin kerutannya (pada wajah)  dan tetap terlihat cantik," lanjutnya.

Cynthia pun harus menahan tawanya. "Kesulitan lain, pemain lain itu kan ada basic komedinya. Ada Sarah Sechan, Bayu Oktara. Di sini saya enggak boleh kepancing (ikut tertawa). Sejujurnya, saya aslinya orang yang gampang tertawa," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.