Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Film Baru, Mira Lesmana Cari Dana Lewat Internet

Kompas.com - 12/03/2012, 07:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara dan produser film Mira Lesmana (47) sedang sibuk dengan pembuatan film Atambua 39 derajat C. Untuk produksi film ini, ia menggandeng Riri Riza, seperti film-film sebelumnya.

"Saya dan Riri jatuh cinta pada wilayah Timor. Banyak cerita menarik dari sana. Saya pikir, mungkin enggak ya membuat film layar lebar dengan kru tidak besar dan budget yang juga terbatas. Kami memutuskan mewujudkannya," ungkap Mira.

Film Atambua 39 derajat C memotret kehidupan kota Atambua setelah penentuan pendapat rakyat Timor Timur. Pertemuan keluarga antara bapak, anak, dan seorang perempuan yang berpisah dalam waktu yang lama menjadi inti cerita film itu. "Kami baru dari Atambua untuk casting pemain. Kami memilih orang asli Atambua untuk menjadi pemeran utama karena film ini memakai bahasa Tetun. Mudah-mudahan April nanti bisa mulai shooting," katanya.

Tentang dana pembuatan film ini, Mira mencari crowd funding (dana masyarakat) dari dalam dan luar negeri. Untuk dalam negeri, ia menggandeng situs crowd funding wujudkan.com. Adapun dari luar negeri, Mira memasukkan aplikasi ke Belanda, Swedia, dan Amerika Serikat.

Untuk film ini, ia membutuhkan dana sekitar Rp 300 juta. "Lewat wujudkan.com, dalam dua minggu ini kami dapat Rp 79 juta," cerita Mira. (SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com