Bikin Film Baru, Mira Lesmana Cari Dana Lewat Internet

Kompas.com - 12/03/2012, 07:15 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Sutradara dan produser film Mira Lesmana (47) sedang sibuk dengan pembuatan film Atambua 39 derajat C. Untuk produksi film ini, ia menggandeng Riri Riza, seperti film-film sebelumnya.

"Saya dan Riri jatuh cinta pada wilayah Timor. Banyak cerita menarik dari sana. Saya pikir, mungkin enggak ya membuat film layar lebar dengan kru tidak besar dan budget yang juga terbatas. Kami memutuskan mewujudkannya," ungkap Mira.

Film Atambua 39 derajat C memotret kehidupan kota Atambua setelah penentuan pendapat rakyat Timor Timur. Pertemuan keluarga antara bapak, anak, dan seorang perempuan yang berpisah dalam waktu yang lama menjadi inti cerita film itu. "Kami baru dari Atambua untuk casting pemain. Kami memilih orang asli Atambua untuk menjadi pemeran utama karena film ini memakai bahasa Tetun. Mudah-mudahan April nanti bisa mulai shooting," katanya.

Tentang dana pembuatan film ini, Mira mencari crowd funding (dana masyarakat) dari dalam dan luar negeri. Untuk dalam negeri, ia menggandeng situs crowd funding wujudkan.com. Adapun dari luar negeri, Mira memasukkan aplikasi ke Belanda, Swedia, dan Amerika Serikat.

Untuk film ini, ia membutuhkan dana sekitar Rp 300 juta. "Lewat wujudkan.com, dalam dua minggu ini kami dapat Rp 79 juta," cerita Mira. (SIE)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.