Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Glenn Fredly Menandai 17 Tahun Berkarier

Kompas.com - 05/04/2012, 09:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Tidak terasa, 17 tahun sudah Glenn Fredly (36) berkarya di belantika musik Indonesia. Untuk menandai pencapaian itu, Glenn menyiapkan album kompilasi lagu-lagu terbaiknya.

”Lagu-lagu itu kami mainkan lagi secara live di Lokananta, Solo,” tutur Glenn, akhir pekan lalu, di Yogyakarta.

”Lokananta itu pelopor industri musik Indonesia sekaligus bagian diplomasi budaya Presiden Soekarno. Saya ingin berpijak juga dari sana,” lanjut Glenn.

Lokananta merupakan label rekaman Indonesia pertama yang didirikan tahun 1956. Lokananta memiliki koleksi rekaman pidato Bung Karno dan lebih dari 5.000 rekaman lagu-lagu daerah, termasuk ”Rasa Sayange” yang sempat diklaim sebagai milik Malaysia.

Glenn menambahkan, album barunya itu menjadi refleksi perjalanannya di dunia musik. ”Setelah lama bergelut di dunia musik, saya berpikir musik jangan hanya sekadar hiburan, melainkan juga sebagai artikulasi pesan-pesan damai,” ujarnya.

Itu sebabnya, dua tahun terakhir, Glenn menggagas sejumlah konser bernuansa gerakan budaya. Kehadirannya di Yogyakarta itu pun dalam rangka menyiapkan konser Voice from the East.

Dalam konser yang akan digelar tanggal 14 April nanti, Glenn menyuarakan keprihatinan atas masalah Papua, hak asasi manusia, lingkungan hidup, dan identitas budaya. (Bee/BSW)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com