Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Kesehatan, Jokowi-Ahok Puasa Lebih Lama

Kompas.com - 09/04/2012, 10:29 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk menjalani tes kesehatan kali ini, enam pasang bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta diwajibkan puasa selama kurang lebih 8-10 jam. Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok mengungkapkan, lantaran keperluan ini dirinya tidak bisa menyantap menu sarapan favoritnya, yaitu havermut atau oatmeal.

"Biasanya saya sarapan pagi dengan havermut. Akan tetapi, hari ini enggak bisa. Jadi, ya agak lapar," kata Ahok, saat dijumpai di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (9/4/2012).

Dia mengaku bahwa dirinya puasa sejak pukul 18.30 dan menu tadi malam yang disantapnya tidak macam-macam, yaitu daging dan sup. "Enggak ada makanan yang macam-macam. Daging dan sup saja tadi malam," kata Ahok.

Sebelumnya pasangan Jokowi-Ahok ini mengajukan agar waktu tes kesehatannya dijadwalkan lebih awal, yaitu menjadi pukul 06.30 WIB lantaran Jokowi harus segera kembali ke Solo. Namun, hal itu urung terjadi karena meski jadwal tes kesehatan dimajukan, proses tes kesehatan tidak dapat dipercepat.

"Tadinya, kan, mau dimajukan pukul 06.30, tetapi enggak jadi. Akhirnya puasanya jadi lebih dari 10 jam ini," kata Ahok sambil tersenyum.

Pasangan Jokowi-Ahok ini merupakan pasangan keempat yang menjalani tes kesehatan pada hari ini. Sebelumnya sudah hadir pasangan dari jalur independen, yakni Faisal Basri-Biem Benjamin dan Hendardji Soepandji-Achmad Riza Patria serta pasangan dari partai politik yaitu Alex Noerdin-Nono Sampono.

Sebagaimana diberitakan Kompas.com sebelumnya, Pilkada DKI kali ini diikuti enam pasang bakal calon gubernur. Empat pasang diusung oleh partai dan dua lainnya diusung oleh jalur independen. Mereka adalah pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono (Partai Golkar), Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Partai Demokrat), Jokowi-Basuki Tjahaja Purnama (PDI-P, Partai Gerindra), Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini (PKS, PAN), Faisal Basri-Biem Benjamin (independen), Hendardji Soepandji-A Riza Patria (independen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com