Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nova Eliza Pernah Ajak Keluarga Pindah dari Aceh

Kompas.com - 13/04/2012, 15:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gempa besar yang melanda Aceh dan sejumlah bagian lain Sumatera pada Rabu lalu (11/4/2012) membuat artis peran Nova Eliza (31) teringat akan gempa dan tsunami yang meluluhlantakkan Aceh pada 2004 dan menghilangkan hampir 50 persen anggota keluarga besarnya di tanah kelahirannya tersebut. Namun, hingga kini, mereka yang "tersisa" dari keluarga besarnya itu masih tinggal di sana, meski ia telah mengajak mereka pindah ke Jakarta.

"Lima puluh persen keluarga (besar) dan saudara sepupuku hilang kena tsunami," kata Nova ketika diwawancara pada sebuah peragaan fashion untuk amal di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (12/4/2012).

Karena kekhawatirannya akan keselamatan keluarga besarnya, Nova pernah mengajak mereka pindah ke Jakarta. "Ya, aku pernah ajak mereka untuk pindah ke Jakarta. Tapi, mereka enggak mau, masih betah tinggal di sana," ceritanya.

Kali pertama mendengar kabar bahwa wilayah bersebutan Serambi Mekkah itu dilanda gempa dahsyat lagi, Nova sempat tak percaya. Setahu Nova, sesudah tsunami terjadi di Aceh pada 2004, gempa besar baru bisa terjadi lagi beratus tahun kemudian di sana. Nova mendoakan agar semua orang di Aceh bisa selamat.

Perempuan yang belum lama ini bercerai ini mengaku masih diikuti oleh kenangan tentang Tsunami Aceh 2004. "Kalau pulang ke Aceh, yang dilihat itu memori, masih taruma sampai sekarang," ucap ibu satu anak ini. "Kalau sudah (bencana) alam, sudah enggak bisa diantisipasi lagi, kita harus waspada aja," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com