AS Minta Maaf kepada Bintang Bollywood Shah Rukh Khan

Kompas.com - 13/04/2012, 22:17 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

NEW DELHI, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar AS di New Delhi, India, dilaporkan telah menyampaikan permintaan maaf kepada mahabintang film Bollywood, Shah Rukh Khan, atas perlakuan yang tidak menyenangkan oleh petugas di Bandara White Plains, New York.

Kantor berita AP, Jumat (13/4/2012), melaporkan, mahabintang Bollywood itu dilaporkan diperiksa selama 1,5 jam oleh petugas keamanan imigrasi di bandara New York, Kamis. Padahal, Khan saat itu sedang dalam perjalanan memberikan kuliah umum di Universitas Yale, New York.

Khan sejauh ini belum jelas soal penahanan tersebut. Khan yang sangat dipuja di India dan juga di sejumlah negara di Asia dan Timur Tengah karena aktingnya yang luar biasa dalam film-film India sedianya akan berbicara di Universitas Yale berkaitan dengan pengalamannya sebagai bintang film terkemuka India saat ini.

Media setempat melaporan, kuliah umum di Yale ini sampai tertunda beberapa jam akibat aksi penahanan Khan oleh petugas imigrasi. "Apa pun, saya bangga pada diri saya dan saya sering bepergian ke Amerika. Para petugas imigrasi membuat saya bukan bintang lagi," ujar Khan sebagaimana dikutip AP.

Juru bicara Kedubes AS di New Delhi, Peter Vrooman, menyampaikan permintaan maaf "atas ketidaknyamanan yang sudah dialami Shah Rukh Khan".

Kejadian kemarin bukan yang pertama dialami bintang film kelahiran New Delhi, 2 November 1965, itu. Suami dari Gauri Khan dan ayah dari dua anak ini pernah juga ditahan selama dua jam di Bandara Newark, New York, pada tahun 2009.

Pada saat itu, Pemerintah AS juga meminta maaf kepada aktor yang mulai tampil dalam sejumlah serial televisi pada peridoe tahun 1988-1990 itu. Debut Khan di film layar lebar dimulai melalui film Daewana, yang kemudian sukses secara komersial.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.