Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Minta Maaf kepada Bintang Bollywood Shah Rukh Khan

Kompas.com - 13/04/2012, 22:17 WIB
Pieter P Gero

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com — Pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar AS di New Delhi, India, dilaporkan telah menyampaikan permintaan maaf kepada mahabintang film Bollywood, Shah Rukh Khan, atas perlakuan yang tidak menyenangkan oleh petugas di Bandara White Plains, New York.

Kantor berita AP, Jumat (13/4/2012), melaporkan, mahabintang Bollywood itu dilaporkan diperiksa selama 1,5 jam oleh petugas keamanan imigrasi di bandara New York, Kamis. Padahal, Khan saat itu sedang dalam perjalanan memberikan kuliah umum di Universitas Yale, New York.

Khan sejauh ini belum jelas soal penahanan tersebut. Khan yang sangat dipuja di India dan juga di sejumlah negara di Asia dan Timur Tengah karena aktingnya yang luar biasa dalam film-film India sedianya akan berbicara di Universitas Yale berkaitan dengan pengalamannya sebagai bintang film terkemuka India saat ini.

Media setempat melaporan, kuliah umum di Yale ini sampai tertunda beberapa jam akibat aksi penahanan Khan oleh petugas imigrasi. "Apa pun, saya bangga pada diri saya dan saya sering bepergian ke Amerika. Para petugas imigrasi membuat saya bukan bintang lagi," ujar Khan sebagaimana dikutip AP.

Juru bicara Kedubes AS di New Delhi, Peter Vrooman, menyampaikan permintaan maaf "atas ketidaknyamanan yang sudah dialami Shah Rukh Khan".

Kejadian kemarin bukan yang pertama dialami bintang film kelahiran New Delhi, 2 November 1965, itu. Suami dari Gauri Khan dan ayah dari dua anak ini pernah juga ditahan selama dua jam di Bandara Newark, New York, pada tahun 2009.

Pada saat itu, Pemerintah AS juga meminta maaf kepada aktor yang mulai tampil dalam sejumlah serial televisi pada peridoe tahun 1988-1990 itu. Debut Khan di film layar lebar dimulai melalui film Daewana, yang kemudian sukses secara komersial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com