Rhoma Irama Akan Bawa Dangdut ke UNESCO

Kompas.com - 22/04/2012, 13:24 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Terpilih kembali menjadi Ketua Umum Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI), kali ini untuk periode 2012-2017, "Raja Dangdut" Rhoma Irama memiliki misi untuk membawa musik dangdut ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Menurut Rhoma, sekarang sudah waktunya dunia mengakui bahwa dangdut merupakan cagar budaya Indonesia. "Yang terpenting, dangdut adalah heritage dari bangsa Indonesia, akan dibawa ke UNESCO," kata Rhoma dalam wawancara di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, tempat pengukuhannya menjadi Ketua Umum PAMMI, Sabtu (21/4/2012). "Untuk mendapat pengakuan bahwa dangdut adalah cagar budaya Indonesia nonbenda, budaya asli Indonesia yang notabene tidak mudah punah dan rusak diterpa arus globalisasi," tegas Rhoma. 

Rhoma terpilih lagi menjadi Ketua Umum PAMMI dalam Musyawarah Nasional PAMMI yang digelar di Surabaya pada 3-4 Maret 2012. Dalam kesempatan yang sama, pedangdut Ikke Nurjanah terpilih menjadi Ketua Harian PAMMI. "Dalam pemilihan ini juga ada terobosan baru. Ada Ketua Harian PAMMI, yaitu Ikke Nurjanah. Karena, kami, sebagai organisasi profesi yang menaungi banyak orang, makin besar kewajibannya," jelas Rhoma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.