Gerilya Batik Iwet Ramadhan

Kompas.com - 24/04/2012, 05:26 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com — Pembawa acara dan penyiar radio Iwet Ramadhan (30) semakin aktif bergerilya mengenalkan batik. Sejak membuka usaha Tikshirt, Iwet rajin menggelar kelas membatik bagi masyarakat luas.

"Misinya mengenalkan batik. Tidak hanya wujud batik, tetapi juga definisi batik. Mengenalkan bahwa teknik batik ada di seluruh dunia, tidak hanya di Indonesia. Ini sekaligus memperkenalkan motif batik beserta filosofinya," tutur Iwet yang bermain dalam film Arisan! 2.

Hingga kini, kelas membatik sudah dia gelar 10 kali. Lokasinya di pusat-pusat perbelanjaan di Jakarta. Bulan Mei mendatang, kelas membatik akan digelar di Kuningan City, Jakarta.

Tidak jauh-jauh dari batik, Iwet juga berencana menulis buku mengenai definisi batik, motif, arti, dan filosofinya. "Nanti sketsanya aku sendiri yang buat," ujarnya. Jika sesuai target, buku tersebut akan dirilis Oktober 2012.

Proyek lain yang tengah dikerjakan Iwet adalah menggelar festival budaya untuk anak muda. Di dalamnya ada bazar hasil karya anak muda Indonesia, hiburan dari band-band Tanah Air yang membawakan lagu-lagu daerah, serta pentas tari yapong dan tarian daerah. "Ada juga kelas membatik, memasak makanan daerah, dan lain-lain," lanjut Iwet. Acara tersebut digelar pada 20 Juni hingga 1 Juli mendatang. (DOE)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X