Miss Indonesia Earth 2010 Pandai Memasang Lantai - Kompas.com

Miss Indonesia Earth 2010 Pandai Memasang Lantai

Kompas.com - 02/05/2012, 06:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Jargon yang digulirkan penyelenggara kontes kecantikan, brain, beauty, behavior (pandai, cantik, berperilaku pantas), sepertinya harus ditambah. Miss Indonesia Earth 2010, Inez Elodhia Maharani (22), ternyata punya keahlian lain, memasang lantai.

Dara kelahiran Jakarta ini baru lulus dari Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Bina Nusantara dan sedang mencari pekerjaan. Pengalaman mengikuti pendidikan untuk jadi Miss Indonesia Earth menjadi inspirasi skripsinya.

”Topik skripsi saya adalah bangunan ramah lingkungan. Saat mengikuti karantina menjadi Miss Earth yang lalu, kebetulan topik green architecture menjadi salah satu materi yang diajarkan,” kata Inez.

Kontes Miss Earth di Indonesia dikelola Yayasan Putri Bumi Indonesia. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah kontes yang diikuti 90 negara itu dan akan diadakan Oktober 2012.

Menurut Inez, banyak orang yang menganggap bangunan ramah lingkungan itu memakai lantai kayu. Padahal, justru pemakaian kayu memicu pemanasan global karena menanam kembali pohon yang ditebang membutuhkan waktu lama. Lalu, bahan apa yang disarankan?

”Ada bahan bernama linoleum, yang salah satu campurannya memakai kayu bekas. Kalau pakai material itu, kita ikut menjaga kelestarian hutan juga, kan? Kalau sudah bekerja nanti, saya bisa dan mau memasang lantai berbahan linoleum,” ujarnya. Ada yang berminat memakai jasanya? (HEI)

 


EditorEko Hendrawan Sofyan

Close Ads X