Hiii... Ayu Azhari Doyan Teri Mentah

Kompas.com - 03/05/2012, 08:12 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Ayu Azhari tak bisa membendung selera makannya bila dihidangkan rusep, menu ikan teri mentah berbumbu bawang merah mentah dan irisan cabai merah. Rusep  merupakan masakan khas Bangka.

"Rusep itu makanan yang spesial di rumah, disantap pakai lalap dan nasi hangat. Bikin lidah kita ngiler dan enggak pernah berhenti makan," kata Ayu dalam jumpa pers Festival Kuliner Bangka, di Kampoeng Bangka Resto, Jakarta Selatan, Rabu (2/5/2012).

Menyantap makanan khas yang serba berbahan mentah, menurut Ayu, rusep memiliki kandungan gizi yang penting. "Kalau ada ahli gizi mungkin bisa diurai. Cabai ini kandungan gizinya banyak, berdasarkan laporannya Rafless makanan di Sumatera itu anyep alias enggak ada rasa. Cabai bukan hanya buat nafsu makan, tapi buat metabolisme badan. Kalau saya baca di buku sufi, kalau traveling disarankan untuk makan bawang mentah untuk menjaga kondisi badan. Di sini ada rusep ikan mentah yang difermentasikan, makanan Bangka ini kalau saya lihat bagus untuk perkembangan otak seperti ikan, itu proteinnya tinggi bagus untuk otak," ulas Ayu.

Dengan seabreg kandungan gizi yang terkandung dalam rusep, Ayu tak segan pula untuk mengampanyekan cinta masakan khas Bangka. "Kebetulan ini kuliner yang dekat dengan keluarga saya, karena waktu kecil Bapak saya di Pangkal Pinang selalu membeli makanan Bangka. Jadi saya memulai dari sesuatu yang saya kenal dulu untuk berbagi ke masyarakat. Supaya masyarakat Bangka itu senang kalau makanannya digemari. Warisan leluhur untuk makanan itu semua ada tujuannya untuk kesehatan," ujar Ayu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.