Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Pandji Pragiwaksono untuk Para Comic

Kompas.com - 09/05/2012, 16:14 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Seiring dengan digemarinya stand up comedy di Indonesia, profesi sebagai comic (pelaku stand up comedy) kini semakin menjamur di Tanah Air. Berdasarkan gejala sosial itulah, presenter, komedian, sekaligus penyanyi rap Pandji Pragiwaksono mencoba mencatatnya ke dalam buku terbarunya, Merdeka Dalam Bercanda.

"Semenjak pertengahan tahun (2011) lalu, stand up comedy meledak. Mulai muncul lah di Kompas TV, dan dari situ banyak orang yang coba nge-joke (sebagai comic) dan melakukan tur," cerita Pandji saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta.

Karena itu, Pandji mencoba berbagi pengalaman stand up comedy yang pernah dijajalnya selama ini. "Selama ini di Indonesia, referensi soal melakukan stand up comedy bisa dikatakan tidak ada, apalagi sekolah stand up comedy. Makanya Raditya Dika sampai sekolah di luar," kata Pandji.

Dalam buku Merdeka dalam Bercanda, ada dua hal yang menurut pria kelahiran Singapura, 18 Juni 1979 ini perlu diperhatikan seorang comic saat berupaya mengocok perut penonton. "Stand up comedy jangan di ruang terbuka dan pada saat penonton sedang makan. Jika hal tersebut dilakukan di ruang terbuka, suara atau reaksi penonton akan terbawa angin dan tidak terdengar oleh si comic saat melakukan stand up comedy. Sebaiknya harus di ruang tertutup agar suara ketawa bisa memantul," saran Pandji.

"Kalau kita sedang stand up (comedy) tapi tidak mendengar reaksi penonton, itu akan mengganggu dan terkadang membuat konsentrasi sedikit buyar," lanjutnya.

"Yang kedua kalau penontonnya sedang makan, itu jelas menyulitkan penonton untuk tertawa. Saya pernah ditinggal penonton karena penonton memilih makan. Tapi ya itu lah profesi," tuntas pemandu acara Stand Up Comedy Indonesia, Kompas TV tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com