Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jagoan Super Juga Harus Rajin Menabung

Kompas.com - 11/05/2012, 04:14 WIB

Misi menyelamatkan Bumi dari kehancuran adalah tugas yang selama ini disematkan kepada jagoan super, seperti Spider-Man, Iron Man, Black Widow, Thor, Hulk, dan Giant-Man. Tapi, mereka juga punya sisi manusia biasa yang harus menyelamatkan diri sendiri dari kebangkrutan.

Alkisah, keenam jagoan yang tergabung dalam The Avengers itu sedang berkumpul di sebuah bank yang jadi target serangan penjahat pimpinan Mole Man. Supaya tak menarik perhatian, melalui kekuatan supernya, Giant-Man alias Dr Henry Pym menyusutkan ukuran mereka menjadi kira-kira sebesar tikus.

Sebelum pasukan Mole Man tiba, Spider-Man bercerita kepada lima rekan yang ia kagumi itu bahwa beberapa bulan lagi, bibinya berulang tahun. Manusia laba-laba itu berencana memberi kado spesial bagi sosok yang sangat berarti baginya. Dari situlah obrolan enam sekawan ini selalu menyinggung keuangan dan perbankan.

Tapi, tentu mereka tidak lupa bahwa ada musuh jahanam yang harus mereka bekuk, yaitu kawanan Mole Man yang menyeruak dari dalam tanah. Dasar jagoan super, penjahat itu mudah saja mereka taklukkan, bahkan sambil melanjutkan obrolan soal perbankan yang sempat tertunda.

Thor, misalnya. Pangeran dari Planet Asgard ini asyik berceloteh kepada Spider-Man bahwa bangsanya terbiasa menyimpan harta, tetapi mengakui sistem perbankan yang ada di Bumi lebih baik.

”Di sebagian negara, bank diasuransikan. Jadi, meskipun penjahat berkekuatan super merampok bank itu, kau tidak akan kehilangan uang sepeser pun. Aku sudah memindahkan tabungan untuk liburanku ke bank kalian yang modern ini,” kata Thor sambil mengayunkan palu godamnya ke penjahat berbentuk belalang tersebut.

Manfaat pengaturan keuangan adalah pesan yang hendak disampaikan komik The Avengers berjudul Menyelamatkan Bumi edisi khusus yang diterbitkan bersama Marvel Comics dan Visa Inc ini. Naskahnya ditulis oleh James Asmus dan digambar oleh komikus Marvel, Andrea di Vito. Selain berbahasa Indonesia, komik 16 halaman ini diterjemahkan pula ke dalam bahasa Arab, Mandarin, Inggris, Perancis, Portugis, Rusia, dan Spanyol.

Ellyana Fuad, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, mengatakan, generasi muda perlu dibantu untuk memahami dasar-dasar pengelolaan keuangan. ”The Avengers bukan hanya pahlawan terbesar yang menyelamatkan dunia, mereka juga paham bagaimana mempersenjatai diri dengan pengetahuan keuangan,” kata Fuad. (HEI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com