Rabu Ini Festival Film Cannes 2012 Dimulai

Kompas.com - 16/05/2012, 08:32 WIB
EditorAti Kamil

CANNES, PERANCIS, KOMPAS.com -- Festival Film Internasional Cannes 2012 atau yang ke-65, di Palais des Festival, Cannes, Perancis, dimulai pada Rabu ini (16/5/2012) waktu setempat. Kompas.com berkesempatan melihat langsung sebagian persiapan terakhirnya pada Senin (15/5/2012) sore.   

Karpet merah, seperti pada festival-festival film internasional lainnya, akan menjadi daya tarik Festival Film Cannes 2012. Di situ para insan perfilman internasional akan melangkah dan berpose. Pada Senin sore tampak jalur karpet merah sudah hampir selesai disiapkan. Hanya bagian tangga menuju ruang festival yang masih telanjang alias belum diselimuti karpet merah.

Terlihat pula beberapa kru televisi menyiapkan peralatan mereka untuk mengabadikan acara pembukaan itu dan para teknisi mengatur segala sesuatu untuk acara tersebut. Para teknisi mengatakan, mereka harus secara optimal menangani pekerjaan mereka dan itu bisa saja hingga Rabu (16/5/2012) dini hari.

Sementara itu, tampak sejumlah wisatawan sudah datang ke gedung festival tersebut. Tapi, mereka terlihat kecewa, karena tak bisa membuat foto diri dengan latar belakang kemeriahan karpet merah, yang baru akan dilintasi oleh para insan perfilman dunia pada Rabu ini (16/5/2012).

Ruang tempat para peserta festival itu--pengusaha, produser, sutradara, dan unsur-unsur lain dalam industri film--berpameran juga masih disiapkan. Sebagian booth terlihat sudah rapi, sedangkan sebagian lagi masih dibangun dan didekor.

Tahun ini, sebagian besar area pameran untuk para peserta dari kawasan Asia diisi oleh Hongkong. Indonesia mendapat dua tempat. Selain itu, dua film Indonesia akan diputar--Lewat Djam Malam, karya klasik dari Ismail Marzuki, dan Adam, karya sutrada muda Adi Putra.

Di area lainnya, dalam ruang sinema, terlihat panggung acara pembukaan dan penutupan juga sedang siapkan. Bangku-bangku putih tempat para juri duduk masih dibungkus kain putih. Seorang kepala teknisi tampak mengarahkan timnya menata dekor, cahaya, dan sound.

Ketika Kompas.com meninggalkan gedung festival tersebut, gemerlap Festival Film Cannes 2012 belum terasa. Pada Rabu (16/5/2012), ketika festival selama 12 hari itu dimulai, semuanya akan berubah. Banyak orang dari segala penjuru dunia akan ada di sana. Mobil-mobil mewah akan berhenti menurunkan para insan perfilman dunia. Di karpet merah mereka akan melangkah dan berpose. Para peliput dan pengunjung akan menyambut mereka dengan gegap gempita. (Dini Kusmana Massabuau)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

     

    Konten pilihan untukmu

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.