Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Ini Festival Film Cannes 2012 Dimulai

Kompas.com - 16/05/2012, 08:32 WIB

CANNES, PERANCIS, KOMPAS.com -- Festival Film Internasional Cannes 2012 atau yang ke-65, di Palais des Festival, Cannes, Perancis, dimulai pada Rabu ini (16/5/2012) waktu setempat. Kompas.com berkesempatan melihat langsung sebagian persiapan terakhirnya pada Senin (15/5/2012) sore.   

Karpet merah, seperti pada festival-festival film internasional lainnya, akan menjadi daya tarik Festival Film Cannes 2012. Di situ para insan perfilman internasional akan melangkah dan berpose. Pada Senin sore tampak jalur karpet merah sudah hampir selesai disiapkan. Hanya bagian tangga menuju ruang festival yang masih telanjang alias belum diselimuti karpet merah.

Terlihat pula beberapa kru televisi menyiapkan peralatan mereka untuk mengabadikan acara pembukaan itu dan para teknisi mengatur segala sesuatu untuk acara tersebut. Para teknisi mengatakan, mereka harus secara optimal menangani pekerjaan mereka dan itu bisa saja hingga Rabu (16/5/2012) dini hari.

Sementara itu, tampak sejumlah wisatawan sudah datang ke gedung festival tersebut. Tapi, mereka terlihat kecewa, karena tak bisa membuat foto diri dengan latar belakang kemeriahan karpet merah, yang baru akan dilintasi oleh para insan perfilman dunia pada Rabu ini (16/5/2012).

Ruang tempat para peserta festival itu--pengusaha, produser, sutradara, dan unsur-unsur lain dalam industri film--berpameran juga masih disiapkan. Sebagian booth terlihat sudah rapi, sedangkan sebagian lagi masih dibangun dan didekor.

Tahun ini, sebagian besar area pameran untuk para peserta dari kawasan Asia diisi oleh Hongkong. Indonesia mendapat dua tempat. Selain itu, dua film Indonesia akan diputar--Lewat Djam Malam, karya klasik dari Ismail Marzuki, dan Adam, karya sutrada muda Adi Putra.

Di area lainnya, dalam ruang sinema, terlihat panggung acara pembukaan dan penutupan juga sedang siapkan. Bangku-bangku putih tempat para juri duduk masih dibungkus kain putih. Seorang kepala teknisi tampak mengarahkan timnya menata dekor, cahaya, dan sound.

Ketika Kompas.com meninggalkan gedung festival tersebut, gemerlap Festival Film Cannes 2012 belum terasa. Pada Rabu (16/5/2012), ketika festival selama 12 hari itu dimulai, semuanya akan berubah. Banyak orang dari segala penjuru dunia akan ada di sana. Mobil-mobil mewah akan berhenti menurunkan para insan perfilman dunia. Di karpet merah mereka akan melangkah dan berpose. Para peliput dan pengunjung akan menyambut mereka dengan gegap gempita. (Dini Kusmana Massabuau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com