Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marilyn Monroe, Ikon di Festival Film Cannes 2012

Kompas.com - 16/05/2012, 16:39 WIB

CANNES, KOMPAS.com -- Penyelenggara Festival Film Cannes telah memilih aktris legendaris AS Marilyn Monroe menjadi ikon festival itu tahun ini. Sosok sang mendiang ditampilkan pada poster resmi festival tersebut untuk merayakan ulang tahun ke-65 festival itu.

Poster itu memampangkan foto hitam putih karya Otto L Bettmann yang memerlihatkan Monroe, dengan ekspresi menggoda, sedang meniup sebatang lilin pada kue ulang tahun. Poster yang dirancang oleh agensi The Bronx, Paris (Perancis), tersebut juga ditujukan untuk memperingati 50 tahun kematian Monroe. Monroe, yang lahir pada 1 Juni 1926 di Los Angeles, California (AS), ditemukan tak bernyawa di kediamannya di Brentwood, Los Angeles, 5 Agustus 1962.

Dalam sebuah rilis untuk pers pada 28 Februari 2012, penyelenggara Festival Film Cannes menjelaskan alasan pemilihan Monroe.

"Lima puluh tahun sesudah kematiannya, Marilyn masih merupakan sosok besar dalam perfilman dunia, ikon abadi, yang keanggunan, misteri, dan kekuatan rayuannya tetap kontemporer," demikian isi rilis itu. "Setiap penampilannya di layar lebar memercikkan imajinasi. Poster festival ini menampilkan foto yang dibikin secara tak terencana pada momen pribadi Marilyn, di mana mitos bertemu kenyataan, sebuah penghormatan untuk memperingati kematiannya, yang bertepatan dengan ulang tahun festival ini," lanjut rilis yang sama.

Rilis itu juga menyebut bahwa festival itu dan Monroe sama-sama melambangkan kesahajaan dan keanggunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com