Ki Kusumo: Aksi Panggung Gaga Seperti Pemujaan Setan

Kompas.com - 16/05/2012, 18:28 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Bertambah lagi pihak yang menentang kedatangan Lady Gaga ke Jakarta untuk menggelar konser Born This Way Ball Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 3 Juni 2012. Salah satunya, paranormal Ki Kusumo.

Menurut pandangan spritiual Ki Kusumo, aksi panggung penyanyi lagu "Bad Romance" ini seperti ritual pemujaan setan. "Entah apa itu nama setannya, namun dari video yang pernah saya lihat, memang gerakan-gerakan dan tarian dia (Lady Gaga) saat di atas panggung bentuknya seperti sebuah prosesi ritual pemujaan setan," paparnya ketika diwawancara di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2012) malam.

Secara pribadi, Ki Kusumo setuju pula jika konser tersebut dibatalkan. Ia melihat para penggemar Gaga lebih banyak remaja tanggung yang masih mudah terpengaruh."Orang kita kan mudah latah (ikut-ikutan). Apalagi, para remaja, secara mental masih labil, akan mudah terpengaruh," ucapnya lagi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.