Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Digelar, Warga Cannes Mengeluh

Kompas.com - 17/05/2012, 10:52 WIB

CANNES, KOMPAS.com -- Keriaan Festival Film Cannes di Cannes, Perancis, tiap tahun, yang menyedot banyak orang dari luar Cannes datang ke sana, ternyata tak selalu menyenangkan bagi para penduduk kota tersebut. Tidak terkecuali ketika Festival Film Cannes 2012, yang mengambil tempat di Palais des Festival, dimulai pada Rabu (16/5/2012).

Para warga bisa jadi sudah terbiasa dengan "tumpah"-nya banyak orang dari luar Cannes ke kota mereka karena ada acara bertebar bintang itu setahun sekali. Namun, bersamaan dengan itu, tetap saja datang rasa terganggu.   

Betapa tidak? Selama festival tersebut digelar, tahun ini pada 16-27 Mei, banyak jalan yang ditutup. Akibatnya, para penduduk harus mengambil jalan-jalan lain untuk mencapai tujuan dan mengalami kemacetan. Itu berlaku tidak saja bagi mereka yang berkendaraan, tapi juga para pejalan kaki.

"Anda bisa bayangkan, masa jalan kaki saja harus mengikuti satu arah, mau menyeberang saja harus memutar mengelilingi area di sekitar Palais de Festival, sudah jalanan kendaraan ditutup, kaki lima pun ikut dipagari! Setiap tahun saya harus berhadapan dengan situasi ini!" keluh seorang perempuan berusia 63 tahun.

Agaknya, selama festival itu dilangsungkan, para warga tak lagi diutamakan. Kelancaran lebih diusahakan bagi mereka yang menjadi tamu festival tersebut. Para penduduk yang biasa naik bis umum juga harus berbesar hati. Rute perjalanan mereka menjadi lebih panjang atau pemberhentian yang biasa mereka gunakan berubah.

Meski ada yang dibuat kesal oleh penyelenggaraan festival itu, ada pula yang dengan senang hati memaklumi keadaan tersebut. "Justru karena festival inilah kota kami, Cannes, menjadi sangat terkenal, dan itu sangat baik untuk pariwisata, bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomi, benar kan?" tutur Gabrielle, ibu muda yang memiliki kios makanan di depan Palais des Festival. (Dini Kusmana Massabuau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com