Tanpa Aremania, Arema IPL Tembus 8 Besar Piala AFC

Kompas.com - 24/05/2012, 14:56 WIB

MALANG,KOMPAS.com - Sejak ada dua kompetisi sepak bola bergulir di Indoensia, Arema Indonesia, juga terpecah menjadi dua tim. Kedua tim berlaga di kompetisi berbeda, yakni di Indonesia Super League dan Indonesia Premier League.

Sejak awal kompetisi ISL dan IPL digelar, dukungan Aremania berpusat ke Arema ISL. Kala Arema IPL bertanding, terlihat hanya ditonton puluhan suporter. Sementara, skuad Arema yang mendapatkan tiket berlaga level Asia, yakni di Piala AFC Cup 2012, adalah Arema IPL, asuhan Dejan Antonis, di bawah kendali investor PT Ancora, yang manajemennya berkantor di Jalan Jakarta 48, Kota Malang, Jawa Timur.

Selama penyisihan grup, Arema nyaris tergusur, karena terus mengalami kekalahan. Namun, di akhir penyisihan grup G, tim berjuluk "Singo Edan" itu, berhasil keluar menjadi runner up setelah menang atas Ayeyawady United 3-0 di Stadion Gajayana, Kota Malang, Selasa 24 April lalu.

Tak seperti biasanya, Arema menang di level Asia, tak ada satupun suporter fanatiknya, Aremania menyambut kemenangan tersebut. "Karena Aremania sejak awal memang tak mendukung Arema IPL. Tapi mendukung Arema ISL. Wajar kalau Aremania tak merayakan kemenangan Arema IPL itu," aku Muhammad Irzha, seorang Aremania, kepada Kompas.com, Kamis (24/5/2012).

Rasa bangga hanya terlihat dan dirasakan semua komponen Arema IPL setelah lolos ke babak delapan besar Piala AFC Cup 2012. Bahkan, Arema tak hanya bisa lolos ke babak delapan besar, tapi juga berhasil menumbangkan tim juara di Hongkong, yakni Kitchee FC.

Kemenangan Arema IPL tersebut diraih saat pertandingan di stadion Tseung Kwan O Sports Ground, pada Rabu (23/05/2012) lalu. Tim besutan Dejan Antonic itu, berhasil menaklukkan Kitchee FC, dengan skor 2-0, lewat dua gol yang diciptakan Putut Waringin Jati pada menit 31 dan 52.

Kepuasan dan kebanggaan tampaknya tak bisa ditutupi oleh Roman Chamelo dkk. Ini tersebut terlihat pascapertandingan ketika mereka merayakan kemenangan tersebut dengan memberikan tepuk tangan pada Aremania yang datang langsung ke stadion, di Hongkong saat pertandingan berlangsung.

Menurut pelatih Arema IPL, Dejan Antonic, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (24/5/2012), mengaku sangat bahagia anak asuhnya bisa maksimal meraih kemenangan dan berhasil melaju ke babak delapan besar Piala AFC Cup 2012. "Saya sangat bahagia, Arema menang dan lolos. Anak-anak bertarung luar biasa melawan tim juara di Hongkong. Kedua tim juga memperagakan permainan menarik baik taktik maupun strategi," akunya.

Sementara itu, kebahagiaan juga diakui Media Officer Arema Indonesia, Noor Ramdhan. Dia mengatakan, bahwa kemenangan Arema adalah kemenangan Indonesia, rakyat Indoensia. Karena Arema bertanding membawa nama Indonesia di level Asia. "Kemenangan Arema juga kemenangan Aremania, selaku suporter fanatik Arema, sejak Arema berdiri. Soal kondisi saat ini, kita maklumi dan kita sangat paham. Namun, di mana pun dan kapan pun Arema adalah tim kesayangan Aremania dan warga Malang," katanya.

Untuk pertandingan selanjutnya, di babak delapan besar, lawan Arema masih menunggu hasil drawing. "Selamat untuk pemain, pelatih telah berhasil membawa Arema ke babak delapan besar Piala AFC Cup," kata pria yang akrab disapa Nunun itu. 



EditorGlori K. Wadrian
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X