Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romney Galang Dana Lebih Banyak dari Obama

Kompas.com - 08/06/2012, 18:23 WIB

Kandidat presiden AS dari Republik Mitt Romney mengumpulkan hampir 17 juta atau sekitar Rp159 miliar lebih banyak dari Presiden Obama.

Romney dan Republikan berhasil mengumpulkan dana sebesar 76,8 juta dollar AS atau Rp 722 miliar lebih, sedangan Obama dan Partai Demokrat hanya mendapatkan 60 juta dollar AS di penggalangan dana bulan Mei.

Dengan demikian sekarang Romney memiliki uang sebesar 107 juta dollar AS atau Rp 1 triliun lebih, nyaris menyamai dana kampanye Obama di akhir April sebesar 115 juta dollar AS, atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Total pengumpulan dana kampanye Obama di bulan Mei termasuk 15 juta dollar AS dana yang didapat saat menggelar kampanye di rumah aktor George Clooney, dengan harga tiket mencapai 40.000 dollar AS atau Rp 376 juta.

Anggota masyarakat juga bisa membeli tiket undian sebesar 3 dollar AS untuk bisa hadir dalam acara yang dipenuhi dengan bintang Hollywood tersebut.

Kedua kandidat presiden tersebut memang tengah sibuk dalam jadwal pengumpulan dana sebagai persiapan menjelang kampanye pemilu November mendatang.

Obama pada pekan ini berkampanye di California dan Nevada, sedangkan Romney berada di Texas.

Total penggalangan kampanye bulanan ini tidak termasuk jutaan dolar yang berhasil dikumpulkan dari komite independen yang mendukung setiap kampanye.

'Janji yang terlanggar'

Angka pengumpulan dana di bulan Mei ini merupakan yang pertama sejak Romney memenangkan angka yang cukup di Republik untuk menjamin dirinya menghadapi Obama November mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com