Payung Teduh Bawa Musik dan Lirik nan Teduh

Kompas.com - 09/06/2012, 15:34 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com — Nada-nada sederhana, bebunyian akustik, dan lirik puitis adalah andalan Payung Teduh untuk meneduhkan pendengarnya dari rutinitas sehari-hari yang mungkin bising dan melelahkan. Tak heran, mereka sudah terbiasa menghibur orang saat menyantap hidangan makan siang di kantin.

"Dulu berdua dengan Is (vokalis, gitaris), kami sering main di kantin saat teman-teman mahasiswa sedang makan atau nongkrong-nongkrong saja," kenang Comi (kontrabas), yang bernama asli Abdul Aziz Turhan (28). Is adalah panggilan dari Istiqomah Djamad (28), yang juga ikut mendirikan Payung Teduh pada 2007.

Sebelum tampil di kantin itu, Is dan Comi sering terlibat dalam pementasan kelompok Teater Pagupon dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. Mereka menulis musik latar untuk pementasannya. Karena dirasa kurang meriah, Comi dan Is mengajak dua rekan lain, Alejandro "Cito" Saksakame (28) untuk bermain drum dan Ivan Penwyn (26) untuk mengocok gitalele, instrumen hibrida gitar dan ukulele.

Hasilnya, corak musik pop gaya 1960-an racikan mereka terdengar sedikit disisipi jazz dan keroncong. Gaya musik itu terasa menyatu dengan lirik puitis yang banyak ditulis Is. Simak saja lirik tembang "Resah" dari album kedua Dunia Batas (2010). "Aku ingin berdua denganmu/ di antara daun gugur/ Aku ingin berdua denganmu/ tapi aku hanya melihat keresahanmu". (HEI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.