Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menciptakan Permainan Edukasi Lingkungan

Kompas.com - 12/06/2012, 05:51 WIB

Untuk kedua kalinya, Institut Pertanian Bogor berkesempatan menggelar Campus Competition: Green Living N Youth Creativity. Masih sama seperti tahun lalu, IPB Green Living Movement #2 atau IPB GLM #2 memberikan edukasi lingkungan kepada masyarakat dengan berbagai sarana.

PB GLM #2 yang didukung Kompas Kampus dan Tupperware berlangsung di Graha Widya Wisuda (GWW), Kampus IPB, pada 1-2 Juni lalu. Kali ini banyak permainan yang mengandung pendidikan lingkungan ditujukan kepada siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Di selasar depan GWW, siswa-siswa SD ramai bermain ular tangga yang dinamakan Eco Snake and Ladders. Mereka memakai topi kertas berwarna-warni sambil bermain di atas papan permainan ular tangga berukuran 3 meter x 3 meter.

Hampir semua siswa SD tahu cara bermain ular tangga. Permainan yang dijalankan dengan sebuah dadu serta bila mendapat tangga bisa naik ke papan selanjutnya; tetapi bila mendapat ular, akan turun ke papan di bawahnya.

Nah, cara bermain Eco Snake and Ladders sama dengan ular tangga biasa. Bedanya, jika mendapat papan yang warnanya berbeda dengan warna kelompoknya, pemain akan mendapat pertanyaan yang terkait lingkungan.

Beberapa contoh pertanyaan yang harus dijawab terkait pengetahuan siswa tentang plastik, hal yang timbul akibat sampah menumpuk, atau yang bisa dilakukan siswa dengan plastik yang menumpuk?

Suasana permainannya seru, apalagi kalau ada tim yang dihukum dengan diberi pertanyaan. Tim yang lama sekali menjawab pertanyaan pasti disoraki teman-teman dari tim lain. Permainan ini memacu siswa untuk belajar mengenai lingkungan.

Selain ular tangga dengan menggunakan papan permainan yang besar, ada juga kelompok mahasiswa yang membuat permainan ular tangga yang lebih kecil. Program Edukasi Kesehatan dan Aksi Lingkungan (Pekan), misalnya, membuat beberapa permainan edukasi lingkungan.

Pekan, yang memenangi kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa IPB 2011 ini, mempunyai permainan ular tangga, dan jingkring atau engklek.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Gizi, Fakultas Ekologi Manusia, IPB, Ade Ayu, menjadi salah satu mahasiswa penggagas permainan edukasi lingkungan di Pekan. Menurut dia, ide membuat permainan muncul saat melihat banyak permainan tradisional yang tidak dikenal siswa sekarang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com