Artika Sari Devi Membantu Lebih Rileks Perempuan Lansia

Kompas.com - 14/06/2012, 06:53 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artika Sari Devi (32), Puteri Indonesia 2004, asyik berbincang-bincang dengan sejumlah perempuan lanjut usia di Rumah Sakit Salak, Kota Bogor, Jawa Barat. Ia berjongkok di sisi seorang ibu bernama Sutini (65) yang menunggu giliran operasi katarak.

Artika memegang tangan Sutini, mengajaknya berbincang. Ia menanyakan apa keinginan ibu itu setelah kembali bisa melihat. Sutini menjawab bahwa ia ingin melihat wajah cucunya. Selama ini ia hanya bisa mendengar suara sang cucu. Mendengar jawaban itu, Artika mengaku tersentuh. Ia terkesan melihat semangat hidup pasien-pasien katarak yang begitu tinggi.

”Ada ibu yang ingin membesarkan cucunya. Ada juga seorang ibu yang tadi saya tanya setelah matanya bisa melihat ingin kembali mengaji,” tutur Artika yang hadir di Rumah Sakit Salak dalam rangka pengobatan katarak gratis, kerja sama PT Sido Muncul dan Kodam III Siliwangi, Selasa (12/6).

Bagi Artika, berbincang dengan ibu-ibu yang hendak operasi katarak bukan sekadar ingin memuaskan rasa ingin tahunya. Dia ingin membantu mereka lebih rileks dan tidak takut berlebihan menjelang operasi.

”Tadi saya ngobrol dengan tenaga medis. Katanya banyak faktor operasi lancar, termasuk kesiapan mental. Karena itu, saya ajak mengobrol supaya mereka santai,” tuturnya. (GAL)

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X