Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Artika Sari Devi Membantu Lebih Rileks Perempuan Lansia

Kompas.com - 14/06/2012, 06:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Artika Sari Devi (32), Puteri Indonesia 2004, asyik berbincang-bincang dengan sejumlah perempuan lanjut usia di Rumah Sakit Salak, Kota Bogor, Jawa Barat. Ia berjongkok di sisi seorang ibu bernama Sutini (65) yang menunggu giliran operasi katarak.

Artika memegang tangan Sutini, mengajaknya berbincang. Ia menanyakan apa keinginan ibu itu setelah kembali bisa melihat. Sutini menjawab bahwa ia ingin melihat wajah cucunya. Selama ini ia hanya bisa mendengar suara sang cucu. Mendengar jawaban itu, Artika mengaku tersentuh. Ia terkesan melihat semangat hidup pasien-pasien katarak yang begitu tinggi.

”Ada ibu yang ingin membesarkan cucunya. Ada juga seorang ibu yang tadi saya tanya setelah matanya bisa melihat ingin kembali mengaji,” tutur Artika yang hadir di Rumah Sakit Salak dalam rangka pengobatan katarak gratis, kerja sama PT Sido Muncul dan Kodam III Siliwangi, Selasa (12/6).

Bagi Artika, berbincang dengan ibu-ibu yang hendak operasi katarak bukan sekadar ingin memuaskan rasa ingin tahunya. Dia ingin membantu mereka lebih rileks dan tidak takut berlebihan menjelang operasi.

”Tadi saya ngobrol dengan tenaga medis. Katanya banyak faktor operasi lancar, termasuk kesiapan mental. Karena itu, saya ajak mengobrol supaya mereka santai,” tuturnya. (GAL)

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com