Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Sambil Berobat di Pantai Ngeboom

Kompas.com - 16/06/2012, 08:17 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL,KOMPAS.comWeekend yuk ke Pantai Ngeboom Mororejo Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata pantai yang kini banyak dikunjungi oleh masyarakat Kendal dan sekitarnya. Di pantai yang jaraknya hanya sekitar 10 km dari kota Kaliwungu tersebut, pengunjung bisa menikmati terbitnya matahari bila pagi hari dan terbenam saat sore hari.

Air Pantai Ngeboom juga dikenal mempunyai khasiat yang bisa mengobati segala jenis penyakit. Sehingga, masyarakat Kaliwungu dan sekitarnya cukup berbondong-bondong ke Pantai Ngeboom bila sakit.

Menurut penjaga pantai, Bandu Siswadi (60), khasiat air Pantai Ngeboom ini sudah dipercaya oleh masyarakat sejak lama. Namun, awalnya yang memercayai hanya masyarakat Kaliwungu dan sekitarnya. "Saya mulai menjaga pantai sejak tahun 1972. Pada tahun itu, sudah banyak masyarakat yang mandi di Pantai Ngeboom untuk mengobati penyakitnya," kata Bandu.

Lelaki berbadan tegap tersebut menambahkan, selain mandi, biasanya pendatang juga membawa pulang air Pantai Ngeboom. Air dari Pantai Ngeboom tersebut, sesampai di rumah kemudian direbus. "Setelah hangat, sebelum mandi air itu biasanya dioleskan ke bagian tubuh yang sakit, baik sakit kulit maupun asam urat," tambahnya.

Dari sekian orang yang datang ke Pantai Ngeboom untuk berobat, kata Bandu, 60 persen di antaranya bisa sembuh. Selain untuk berobat, Pantai Ngeboom juga sering digunakan oleh masyarakat untuk bertirakat, terutama pada bulan Suro. Pantai Ngeboom buka pada pukul 05.00 pagi hingga 07.00 malam. Pengunjung yang mau menikmati indahnya pantai ini hanya dipungut biaya karcis sebesar Rp 2.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com