Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edukasi Lingkungan Lewat Lagu dan Buku ala Oppie

Kompas.com - 07/07/2012, 16:15 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi Oppie Andaresta muncul lagi. Bersama Suara Anak Bumi, ia hadir dengan sejumlah lagu bertema lingkungan. Tujuannya, mengedukasi anak-anak mengenai lingkungan melalui lagu dan buku.

"Tanam, tanam pohon yuk tanam, tanam ditanam ditanam, karena pohon banyak gunanya...". Inilah syair salah satu lagu yang dinyanyikan Oppie pada launching buku dan album Suara Anak Bumi, Sabtu (7/7/2012), di Pondok Indah Mal, Jakarta Selatan.

Oppie mengisahkan, ia memerlukan waktu yang cukup lama untuk menciptakan lagu anak ini. Kesulitan yang dihadapi adalah memilih kata yang mudah, ringan, tetapi tidak menggurui. Tantangan lainya adalah membuat notasi yang mudah diingat dan didengar.

"Album ini terdiri dari delapan judul lagu dan didukung oleh Dewa Budjana, Indra Lesmana, Iwa K, dan teman-teman lain. Jenis musiknya pop, rock, blues, hip hop, dan reggae," jelas Oppie.

Selain album, Oppie dan Suara Anak Bumi juga melaunching buku dengan empat tema besar, yaitu menanam pohon, 3R, sampah, dan hidup hemat (hemat listrik, ???, dan air). Adapun, judul-judul lagu yang ada di album ini adalah Badu, 3 R (Reduse, Ruese, Recycle), Gosok Gigi, Surga Laut, Hijau, Gowes-Gowes, dan Let's Go Green.

Menurut Oppie, kesulitan pendistribusian buku dan CD menjadi tantangan lainnya. Buku dan CD juga disumbangkan untuk perpustakaan di beberapa sekolah di Maumere dan Teluk Cendrawasih, Papua.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com