Demi Habibie, Reza Rahadian Belajar Bahasa Jerman

Kompas.com - 18/07/2012, 06:52 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan
JAKARTA, KOMPAS.com -- Reza Rahadian (25) harus belajar bahasa Jerman agar bisa berperan sebagai BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun yang bakal tayang Desember nanti. Sebelum shooting, ia tiga kali kursus bahasa Jerman, masing-masing selama 1,5 jam. Shooting berlangsung di Indonesia dan Jerman.

”Dialog berbahasa Jerman-nya banyak, 10-13 persen. Ada adegan presentasi tentang pesawat dalam bahasa Jerman juga,” tutur Reza saat syukuran pembuatan film Habibie & Ainun di Jakarta, pekan lalu.

Film itu dibuat berdasarkan buku Habibie & Ainun karya BJ Habibie yang pada tahun pertama telah dicetak 75.000 kopi. Buku itu juga diterjemahkan dalam bahasa Arab, Jerman, China, dan Jepang.

Agar bisa mendalami peran Habibie, Reza ngobrol selama lima jam dengan mantan Presiden RI itu. Ia bahkan memanggil Habibie dengan sebutan ”eyang”.

Di mata peraih Citra tahun 2009 lewat aktingnya dalam film Perempuan Berkalung Sorban itu, Habibie adalah orang yang tidak kaku, ringan, dan ekspresif.

Reza merasa nyaman dekat dengan Habibie. Namun, dia juga mengaku tidak mudah untuk berperan sebagai Habibie yang mendapatkan gelar doktor dengan predikat summa cum laude dari Sekolah Teknik Aachen, Jerman, tahun 1965, itu. (WSI)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.