Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Habibie, Reza Rahadian Belajar Bahasa Jerman

Kompas.com - 18/07/2012, 06:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Reza Rahadian (25) harus belajar bahasa Jerman agar bisa berperan sebagai BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun yang bakal tayang Desember nanti. Sebelum shooting, ia tiga kali kursus bahasa Jerman, masing-masing selama 1,5 jam. Shooting berlangsung di Indonesia dan Jerman.

”Dialog berbahasa Jerman-nya banyak, 10-13 persen. Ada adegan presentasi tentang pesawat dalam bahasa Jerman juga,” tutur Reza saat syukuran pembuatan film Habibie & Ainun di Jakarta, pekan lalu.

Film itu dibuat berdasarkan buku Habibie & Ainun karya BJ Habibie yang pada tahun pertama telah dicetak 75.000 kopi. Buku itu juga diterjemahkan dalam bahasa Arab, Jerman, China, dan Jepang.

Agar bisa mendalami peran Habibie, Reza ngobrol selama lima jam dengan mantan Presiden RI itu. Ia bahkan memanggil Habibie dengan sebutan ”eyang”.

Di mata peraih Citra tahun 2009 lewat aktingnya dalam film Perempuan Berkalung Sorban itu, Habibie adalah orang yang tidak kaku, ringan, dan ekspresif.

Reza merasa nyaman dekat dengan Habibie. Namun, dia juga mengaku tidak mudah untuk berperan sebagai Habibie yang mendapatkan gelar doktor dengan predikat summa cum laude dari Sekolah Teknik Aachen, Jerman, tahun 1965, itu. (WSI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com