Perlukah Gaun Pengantin Kate Middleton Masuk Wikipedia? - Kompas.com

Perlukah Gaun Pengantin Kate Middleton Masuk Wikipedia?

Kompas.com - 19/07/2012, 16:28 WIB

KOMPAS.com - Gaun pengantin Kate Middleton sukses menjadi bahan pembicaraan hingga sekarang. Bahkan, eksibisi yang diadakan di Istana Buckingham untuk memamerkan gaun tersebut untuk umum dikunjungi kurang lebih 600.000 orang. Toh, ketika Wikipedia mendedikasikan satu halaman khusus untuk membahas gaun pengantin rancangan Sarah Burton untuk rumah mode Alexander Queen itu, banyak yang melayangkan protes. Segitu pentingnya kah gaun pengantin Kate sehingga harus masuk Wikipedia?

Kontroversi mengenai gaun pengantin tersebut bahkan dicetuskan oleh sebagian editor Wikipedia sendiri. Dalam konferensi Wikimania 2012 minggu lalu, salah satu pendiri situs tersebut, Jimmy Wales, ditanya mengenai perbandingan antara pembaca pria dan wanita. Para peserta konferensi menggunakan artikel tersebut sebagai contoh, betapa banyak pengguna Wikipedia yang tidak melihat di mana pentingnya artikel-artikel yang dekat dengan wanita.

Sebagian editor dari ensiklopedia online itu menganggap artikel yang membeberkan segala sesuatu seputar gaun Kate, dari rancangannya, resepsi, hingga pengaruh sejarahnya, itu sangat sepele, dan tidak cukup penting untuk masuk Wikipedia. Mereka pun menuntut agar artikel tersebut dihapus.

"Keberadaan artikel ini termasuk salah satu yang nilainya terendah yang pernah dicapai Wikipedia!" tambah seorang editor.

Namun, sebagian editor lain juga mendesak untuk mempertahankan artikel ini, karena menurut mereka gaun pengantin Kate boleh dibilang merupakan potongan dalam sejarah fashion yang akan terus dibicarakan sampai setahun mendatang.

"Apakah Anda mengatakan bahwa artikel semacam ini tidak seharusnya ada? Karena tidak memenuhi standar dalam menarik perhatian? Absurd sekali!" bela komentator lain.

Mereka menambahkan, gaun tersebut akan dikenang selama dekade selanjutnya. Gaun Sarah Burton akan memengaruhi rancangan gaun pengantin untuk waktu yang lama. Yang pasti, tegas mereka, artikelnya juga ditulis dengan baik dan menarik.

Meskipun mendapat banyak kritikan, saat konferensi tahunan Wikimania Jimmy Wales menegaskan bahwa ia akan mempertahankan artikel tersebut. Alasannya sama, gaun itu memberikan pengaruh jangka panjang pada dunia mode. Wales bahkan mengatakan bahwa Wikipedia seharusnya juga memiliki lebih banyak page yang didedikasikan untuk gaun-gaun iconic lainnya.

Nah, bagaimana menurut Anda?


EditorDini

Close Ads X