Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

G4S Tetap Dipercaya untuk Olimpiade Rio 2016

Kompas.com - 22/07/2012, 02:07 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Olimpiade London 2012 belum dimulai, tetapi perbincangan mengenai Olimpiade selanjutnya sudah dimulai. Setidaknya, perbincangan diangkat menyangkut masalah siapa yang akan mengamankan pertandingan Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil, tahun 2016 mendatang.

Ketua penyelenggara Olimpiade Rio 2016, Carlos Nuzman mengatakan, keputusannya menggunakan kontraktor swasta untuk mengamankan tempat pertandingan pada Olimpiade mendatang tidak tergoyahkan. Keputusan Nuzman ini tidak berubah walaupun G4S, perusahaan pengaman swasta yang bertanggung jawab mengamankan Olimpiade London 2012, tengah dilanda pemberitaan buruk akibat berbagai skandal yang terjadi.

Nuzman yang juga anggota senior International Olympic Committee (IOC) mengatakan, pengalaman negaranya mengadakan pertandingan Pan American akan menjadi replika atas pertandingan Olimpiade Rio mendatang. Ini artinya, satuan pengaman lintas pemerintah akan bertanggung jawab atas keamanan nasional dan lokal. Sementara, panitia penyelenggara Olimpiade Rio akan bertanggung jawab untuk keamanan di dalam tempat pertandingan Olimpiade.

Nuzman mengatakan, tender untuk menentukan siapa yang akan bertanggung jawab atas keamanan Olimpiade Rio mendatang belum dibuka.

"Tapi keamanan di setiap negara memiliki sistem yang berbeda," kata Nuzman yang telah membeberkan bahwa acara serah terima selama delapan menit, dari panitia penyelenggara Olimpiade London ke Rio, akan ada di upacara penutupan Olimpiade London mendatang.

"Ini adalah pertama kalinya, sebuah panitia penyelenggara akan melakukan apa yang kami lakukan dengan London. Ini bukan penampilan yang terpisah tentang Rio. Serah terima ini menjadi bagian yang terintegrasi dari upacara penutupan Olimpiade London."

Nuzman menekankan bahwa waktu terus berjalan bagi timnya ketika London mengadakan pertandingan ini.

"Ini adalah salah satu langkah terpenting, kami akan diberikan tongkat kepemimpinan dari London ke Rio," ia melanjutkan. "Secara pribadi saya tahu kamera dan lampu akan menyorot kami dan kami sangat percaya diri."

Nuzman juga menawarkan sesuatu yang baru pada pertandingan Olimpiade di Rio, tahun 2016 mendatang. Ia berniat memasukkan sepak bola pantai ke dalam program Olimpiade. Ia telah diperingatkan bahwa IOC dan FIFA harus setuju dengan implementasi ide ini.

Sayangnya, ide ini hampir mustahil. Nuzman harus menyelesaikan proses pengenalan yang rumit atas olahraga ini, hanya dalam empat tahun yang pendek.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com