Iis Dahlia Ajari Anak-anaknya Mengerti Isi Al Quran

Kompas.com - 31/07/2012, 15:08 WIB
EditorAti Kamil

JAKARTA, KOMPAS.com -- Penyanyi dangdut Iis Dahlia (40) ternyata memiliki bakat untuk menjadi qoriah atau pelantun ayat-ayat suci Al Quran. Pembawa lagu "Bunga Seroja" ini sering mendapat penghargaan ketika masih belia.

"Dapat juara, juara sekabupaten, dulu. Pokoknya, kalau lomba kan mewakili sekolah, terus sekabupaten," kenang Iis ketika diwawancara akhir minggu lalu di Jakarta.

Alunan suara Iis ketika mengaji tak kalah indah dengan nyanyiannya. Bahkan, kemampuannya itu mendapat sanjungan dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar dalam sebuah acara di Jakarta akhir minggu lalu. "Pak Muhaimin mah bisa-bisa aja. Ngajinya juga biasa aja. Itu bisa-bisanya Pak Muhaimin aja. Cengkoknya hampir sama kok dengan dangdut," ucapnya merendah sambil tersipu.

Kemampuan mengaji diperoleh Iis sejak kecil. Ia dididik oleh orangtuanya. Ia mengaku kini sudah menurunkan kemampuannya tersebut kepada kedua anaknya. Selain membaca ayat-ayat suci Al Quran, anak-anaknya diajarinya pula membaca terjemahannya agar bisa mengerti artinya. "Mereka (anak-anaknya) sudah pintar baca Al Quran semua. Pasti lah, kalau di rumah saya baca Al Quran sama baca terjemahannya. Saya ke anak-anak saya juga ajarin itu, biar tahu artinya," tutur istri pilot Satrio Dewandono ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.